dc.contributor.author | Wihartanti, Liana Vivin | |
dc.contributor.author | Andriani, Dwi Nila | |
dc.contributor.author | Sari, Novita Erliana | |
dc.date.accessioned | 2017-07-17T04:16:59Z | |
dc.date.available | 2017-07-17T04:16:59Z | |
dc.date.issued | 2017-05-24 | |
dc.identifier.citation | Departemen Pendidikan Nasional RI. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Biro Hukum Sekjen Diknas. Hasbullah. 2008. Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.Persada. Lexy J. Moleong.(2012).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya. Magdalia Alfian. (2013). “Potensi Kearifan lokal dalam Pembentukan Jati Diri dan Karakter Bangsa Marzuki. 2013. Revitalisasi Pendidikan Agama di Sekolah dalam Pembangunan Karakter Bangsa di Masa Depan. Jurnal Pendidikan Karakter. 3 (1): 64-76. Nuraini Asriati.(2012).Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran di Sekolah.Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora.2(III). Hlm.106-119. Prasetyo, Zuhdan K. (2013), “Research and Development berbasis penelitian” Putut Setiyadi. (2012). Pemahaman Kembali Local Wisdom Etnik Jawa dalam Tembang Macapat dan Pemanfaatannya sebagai Media Pendidikan Budi Pekerti Bangsa. Magistra. 79(24). Hlm. 71-85. Sudarwan Danim. 2010. Pengantar Kependidikan. Bandung : Alfabeta. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D).Bandung : Alfabeta. Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT.Rineka Cipta Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Penjelasan Umum. Kemendiknas. 2010., Bahan Pelatihan Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Puskur Kemendiknas Kartadinata, S. 2009. Mencari Bentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Makalah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2503‐4855 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8867 | |
dc.description.abstract | Kendala yang dihadapi sekarang ini dan masa yang akan datang adalah
membentuk mahasiswa yang berkarakter dan dapat diterima dalam dunia kerja.
Dalam hal ini Kemampuan pendidik dalam menempatkan pendidikan karakter
sebagai sesuatu kekuatan bangsa yang berbasis kearifan lokal di Universitas
PGRI Madiun menjadi sangat penting dan strategis dalam rangka membangun
bangsa. Kearifan lokal dibangun dari nilai-nilai sosial yang dijunjung tinggi dalam
struktur sosial masyarakat dan memiliki fungsi sebagai pedoman, pengontrol, dan
rambu-rambu untuk berperilaku dalam berbagai dimensi dalam kehidupan. Oleh
karena itu, dosen harus mampu merancang program pembelajaran dengan
memperhatikan ranah afektif sebagai salah satu karakteristik manusia.
Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam
pelaksanaan pendidikan nasional. Pada Pasal 1, Undang-Undang Nomor 20 Tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa di antara tujuan
pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki
kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia. Dalam hal ini Peningkatan lulusan
pendidikan ekonomi yang berkarakter merupakan sebuah tujuan yang diharapkan
oleh universitas PGRI Madiun, terutama pada program studi pendidikan ekonomi
dan pendidikan akuntansi. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Pendidikan Ekonomi | in_ID |
dc.subject | Kearifan Lokal | in_ID |
dc.subject | Lulusan Berkarakter | in_ID |
dc.title | Implementasi Pendidikan Ekonomi Berbasis Kearifan Lokal untuk Mewujudkan Lulusan Berkarakter di Universitas PGRI Madiun | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |