Show simple item record

dc.contributor.authorWihartanti, Liana Vivin
dc.contributor.authorAndriani, Dwi Nila
dc.contributor.authorSari, Novita Erliana
dc.date.accessioned2017-07-17T04:16:59Z
dc.date.available2017-07-17T04:16:59Z
dc.date.issued2017-05-24
dc.identifier.citationDepartemen Pendidikan Nasional RI. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Biro Hukum Sekjen Diknas. Hasbullah. 2008. Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.Persada. Lexy J. Moleong.(2012).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya. Magdalia Alfian. (2013). “Potensi Kearifan lokal dalam Pembentukan Jati Diri dan Karakter Bangsa Marzuki. 2013. Revitalisasi Pendidikan Agama di Sekolah dalam Pembangunan Karakter Bangsa di Masa Depan. Jurnal Pendidikan Karakter. 3 (1): 64-76. Nuraini Asriati.(2012).Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran di Sekolah.Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora.2(III). Hlm.106-119. Prasetyo, Zuhdan K. (2013), “Research and Development berbasis penelitian” Putut Setiyadi. (2012). Pemahaman Kembali Local Wisdom Etnik Jawa dalam Tembang Macapat dan Pemanfaatannya sebagai Media Pendidikan Budi Pekerti Bangsa. Magistra. 79(24). Hlm. 71-85. Sudarwan Danim. 2010. Pengantar Kependidikan. Bandung : Alfabeta. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D).Bandung : Alfabeta. Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT.Rineka Cipta Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Penjelasan Umum. Kemendiknas. 2010., Bahan Pelatihan Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Puskur Kemendiknas Kartadinata, S. 2009. Mencari Bentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Makalah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.in_ID
dc.identifier.issn2503‐4855
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8867
dc.description.abstractKendala yang dihadapi sekarang ini dan masa yang akan datang adalah membentuk mahasiswa yang berkarakter dan dapat diterima dalam dunia kerja. Dalam hal ini Kemampuan pendidik dalam menempatkan pendidikan karakter sebagai sesuatu kekuatan bangsa yang berbasis kearifan lokal di Universitas PGRI Madiun menjadi sangat penting dan strategis dalam rangka membangun bangsa. Kearifan lokal dibangun dari nilai-nilai sosial yang dijunjung tinggi dalam struktur sosial masyarakat dan memiliki fungsi sebagai pedoman, pengontrol, dan rambu-rambu untuk berperilaku dalam berbagai dimensi dalam kehidupan. Oleh karena itu, dosen harus mampu merancang program pembelajaran dengan memperhatikan ranah afektif sebagai salah satu karakteristik manusia. Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan pendidikan nasional. Pada Pasal 1, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa di antara tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia. Dalam hal ini Peningkatan lulusan pendidikan ekonomi yang berkarakter merupakan sebuah tujuan yang diharapkan oleh universitas PGRI Madiun, terutama pada program studi pendidikan ekonomi dan pendidikan akuntansi.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectPendidikan Ekonomiin_ID
dc.subjectKearifan Lokalin_ID
dc.subjectLulusan Berkarakterin_ID
dc.titleImplementasi Pendidikan Ekonomi Berbasis Kearifan Lokal untuk Mewujudkan Lulusan Berkarakter di Universitas PGRI Madiunin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record