• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Project Based Learning sebagai Strategi Pembelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis

    Thumbnail
    View/Open
    4. Full Paper SNP UMS_Anis Susanti.pdf (75.31Kb)
    Date
    2017-05-24
    Author
    Susanti, Anis
    Ediyono, Suryo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa ditinjau dari minat berwirausaha setelah mengikuti pembelajaran berbasis proyek (project based learning) sebagai strategi pembelajaran pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMKN 1 Bawang yang mengikuti pembelajaran pengantar ekonomi dan bisnis di tahun 2017. Sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling untuk mendapatkan 90 sampel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik survei. Variabel penelitian adalah pembelajaran berbasis proyek dan hasil belajar. Pembelajaran berbasis proyek melibatkan siswa untuk belajar mengambil informasi dan menunjukkan pengetahuan yang dimiliki, kemudian diimplementasikan pada kehidupan nyata khususnya dalam menyusun rencana bisnis sesuai ide siswa. Hasil belajar yang ditinjau dalam penelitian ini adalah minat berwirausaha. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek merupakan strategi yang efektif untuk mengembangkan rencana bisnis sebagai hasil pembelajaran pengantar ekonomi dan bisnis siswa SMK Administrasi Perkantoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengembangkan rencana bisnis pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis, siswa semakin berminat untuk berwirausaha karena ingin menciptakan lapangan kerja di masa depan (87%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor minat berwirausaha siswa SMK Administrasi Perkantoran SMKN 1 Bawang setelah mengembangkan rencana bisnis pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis adalah 51,111 (tinggi). Kesimpulan yang didapatkan adalah pembelajaran berbasis proyek (project based learning) sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran pengantar ekonomi dan bisnis, hal tersebut dapat dilihat dari skor minat berwirausaha siswa setelah mengembangan rencana bisnis.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8872
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV