Show simple item record

dc.contributor.authorSusanti, Anis
dc.contributor.authorEdiyono, Suryo
dc.date.accessioned2017-07-17T04:29:25Z
dc.date.available2017-07-17T04:29:25Z
dc.date.issued2017-05-24
dc.identifier.citationFuller, P.A., Dainty, A.R.J., & Thorpe, T. (2011). Improving project learning: a new approach to lessons learnt. International Journal of Managing Projects in Business, Vol. 4 Iss 1 pp.118-136. Hiscocks. (2008). Project-Based-Learning: Outcomes, Descriptors and Design. Online. http://www.syscompdesign.com/assets/images/appnotes/pbl.pdf/. Diakses 9 Mei 2017 Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sultana, M. & Zaki, S. (2015). Proposing Project Based Learning as an alternative to traditional ELT pedagogy at public colleges in Pakistan. International Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 4 Iss 2 pp. 155 – 173. The George Lucas Educational Foundation. (2005). Instructional Module Project Based Learning. Online. https://www.edutopia.org/project-based-learning/. Diakses 9 Mei 2017 Yancel, R.D., Ramli, E., & Mufit, F. (2013). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Pillar Of Physics Education, Vol. 1. April 2013, 48-54 48.in_ID
dc.identifier.issn2503‐4855
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8872
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa ditinjau dari minat berwirausaha setelah mengikuti pembelajaran berbasis proyek (project based learning) sebagai strategi pembelajaran pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMKN 1 Bawang yang mengikuti pembelajaran pengantar ekonomi dan bisnis di tahun 2017. Sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling untuk mendapatkan 90 sampel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik survei. Variabel penelitian adalah pembelajaran berbasis proyek dan hasil belajar. Pembelajaran berbasis proyek melibatkan siswa untuk belajar mengambil informasi dan menunjukkan pengetahuan yang dimiliki, kemudian diimplementasikan pada kehidupan nyata khususnya dalam menyusun rencana bisnis sesuai ide siswa. Hasil belajar yang ditinjau dalam penelitian ini adalah minat berwirausaha. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek merupakan strategi yang efektif untuk mengembangkan rencana bisnis sebagai hasil pembelajaran pengantar ekonomi dan bisnis siswa SMK Administrasi Perkantoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengembangkan rencana bisnis pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis, siswa semakin berminat untuk berwirausaha karena ingin menciptakan lapangan kerja di masa depan (87%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor minat berwirausaha siswa SMK Administrasi Perkantoran SMKN 1 Bawang setelah mengembangkan rencana bisnis pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis adalah 51,111 (tinggi). Kesimpulan yang didapatkan adalah pembelajaran berbasis proyek (project based learning) sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran pengantar ekonomi dan bisnis, hal tersebut dapat dilihat dari skor minat berwirausaha siswa setelah mengembangan rencana bisnis.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectProject based learningin_ID
dc.subjecthasil belajarin_ID
dc.subjectpengantar ekonomi dan bisnisin_ID
dc.titleProject Based Learning sebagai Strategi Pembelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnisin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record