• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pemberdayaan Guru Melalui Teacher Research Pedagogic (TRP) sebagai Upaya Mengembangkan Profesionalisme Guru (Suatu Kajian Literatur)

    Thumbnail
    View/Open
    7. FULL PAPER Maskhur Dwi Saputra_Abigail Josephine Kusumatuty_Reza Taufiq Digara.pdf (55.30Kb)
    Date
    2017-05-24
    Author
    Saputra, Maskhur Dwi
    Kusumatuty, Abigail Josephine
    Digara, Reza Taufiq
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Guru merupakan salah satu unsur dalam dunia pendidikan, tanpa adanya guru maka kualitas pendidikan tidak akan menjadi lebih baik. Guru profesional merupakan seorang guru yang dapat mengembangkan kualitasnya, sehingga apabila seorang guru mengembangkan kualitasnya, maka guru tersebut bertanggung jawab terhadap tugas yang dijalankannya. Pemerintah Indonesia telah memberikan insentif kepada guru yang memiliki profesionalisme dalam menjalankan tugasnya. Bentuk insentif yang diberikan berupa sertifikasi guru. Sertifikasi merupakan tanda bukti bahwa guru tersebut telah melakukan tugasnya secara profesional. Berdasarkan fenomena yang ada dilapangan bahwa program sertifikasi yang diberikan pemerintah tidak memberikan dampak bagi perubahan kualitas guru. Banyak guru yang sudah tersertifikasi akan tetapi menunjukkan kinerja yang rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) yang dilakukan terakhir tahun 2015 menunjukkan rata-rata hasil nilai UKG sebesar 53,05%, nilai tersebut masih di bawah ketentuan minimal yang ditetapkan Kemendikbud yaitu 55,00%. Selain itu, banyak guru yang sibuk mengurus syarat administrasi sertifikasi dengan meninggalkan kegiatan pembelajaran yang semestinya didapatkan oleh peserta didik. Oleh karena itu perlu solusi alternatif untuk mengembangkan profesionalisme guru. Pembahasan pada makalah ini memberikan gagasan Teacher Research Pedagogic (TRP) sebagai upaya mengembangkan profesionalisme guru. Tujuan makalah ini yaitu menjelaskan gagasan mengenai pemberdayaan guru melalui Teacher Research Pedagogic (TRP) sebagai upaya mengembangkan profesionalisme guru. Metode yang digunakan dalam menyusun makalah ini yaitu dengan menggunakan kajian literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemberdayaan guru melalui Teacher Research Pedagogic (TRP) merupakan solusi yang efektif dalam mengembangkan profesionalisme guru. Hal ini dikarenakan program Teacher Research Pedagogic (TRP) memberikan peluang bagi guru untuk menjadi peneliti sesuai bidangnya. Penelitian yang dilakukan oleh guru secara tidak langsung mengembangkan kompetensi pedagogik, profesionalisme, sosial dan kepribadian. Empat kompetensi ini yang digunakan sebagai indikator dalam penilaian sertifikasi yang akan diberikan kepada guru yang memiliki profesionalisme dalam menjalankan tugasnya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8875
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV