Hubungan Antara Peran Guru Pamong dan Minat Mahasiswa Menjadi Guru dengan Prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) Progdi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2010 FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
prestasi program pengalaman lapangan PPL. Hasil penelitian menunjukkan 1) Peran
guru pamong berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi program
pengalamn lapangan. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,320 > 2,000
dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Minat mahasiswa menjadi guru
berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi program pengalaman lapangan.
Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,693>2,000 dan nilai signifikansi
< 0,05, yaitu 0,000. 3) Peran guru pamong dan minat mahasiswa menjadi guru secara
bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi program
pengalaman lapangan. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 13,170 >
3, 15 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Berarti Peran guru pamong dan minat
mahasiswa menjadi guru saling mendukung dalam menentukan prestasi program
pengalaman lapangan. 4) Variabel peran guru pamong memberikan sumbangan
efektif sebesar 23,60%. Variabel minat mahasiswa menjadi guru memberikan
sumbangan efektif sebesar 32,30%. Jadi jumlah sumbangan efekif sebesar 55,90%
sedangkan sedangkan sisanya 44,10% dipengaruhi variabel lain.