dc.contributor.author | Rohmah, Wafrotur | |
dc.date.accessioned | 2017-07-17T06:03:36Z | |
dc.date.available | 2017-07-17T06:03:36Z | |
dc.date.issued | 2017-05-24 | |
dc.identifier.citation | Adisusilo, S. 2014. Pembelajaran Nilai-Karakter. Jakarta: Rajawali Pers Barnett, B., Ann, B., & Alan, W. “Teacherpreneurs: Innovative Teachers Who Lead But Don't Leave”. Agustus 2013. Bob Sadino. “Inilah 5 Mental dan Karakter Entrepreneur Sukses versi Bob Sadino” (online). (https://www.maxmanroe.com/inilah-5-mental-dan-karakterentrepreneur- sukses-versi-bob-sadino.html). diakses tanggal 20 Mei 2017. Davis, V. (2015). Teacherpreneurs: We’re Here to Inspire. (Online) http://www.edutopia. org/blog/teacherpreneurs-here-to-inspire-vickidavis. Diakses tanggal 20 Februari 2016. Dewajani, S. 2008. “Membangun Karakter Kuat Anak Melalui Jiwa Entrepreneurship” (online). (https://sylvipsy.wordpress.com/2008/03/10/membangun-karakter-kuat-anakmelalui- jiwa-entrepreneurship/). Diakses tanggal 20 Mei 2017 Edyutomo. 2017. “Bagaimana Membangun Profesionalisme Guru” (online). (http://edyutomo.com/bagaimana-membangun-profesionalisme-guru/). Diakses tanggal 20 Mei 2017 Hernawan. 2012. “10 Karakter Entrepreneur Sukses yang Mudah Ditiru” (online). (http://www.marketing.co.id/karakter-wajib-bagi-calon-enterpreneur-sukses/). diakses tanggal 20 Mei 2017 Mustari, M. 2014. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers Nugroho, Wahyuningsih & Sunyowati. 2014. “Implementasi entrepreneurship pada pendidikan berbasis karakter di sekolah” (online). (http://www.widyasaripress. com/index.php?option=com_content&view=article&id=561:implementa si-entrepreneurship-pada-pendidikan-berbasis-karakter-disekolah& catid=74:vol-16-no-1-januari-2014-seri-ii). Diakses tanggal 20 Mei 2017 Oxford Community School. 2012. Oxford Project: Leading through Edupreneurship. Sapriya. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Soetjipto & Kosasi. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta Suherman, E. 2008. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta Supardan, D. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Perspektif Filosofi dan Kurikulum). Jakarta: PT Bumi Aksara Surya, M. 2008. Guru Profesional: Untuk Pendidikan Bermutu. Bandung: Geografi Edu Wafroturohmah. 2015. Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan dalam Meningkatkan Edupreneurship. Disertasi: Universitas Negeri Malang. Wiyani, NA. (2012). Teacherpreneurship (Gagasan & Upaya Menumbuh- Kembangkan Jiwa Kewirausahaan Guru). Jogjakarta: Ar-Ruz Media. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2503‐4855 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8882 | |
dc.description.abstract | Peningkatan mutu pembelajaran ekonomi akuntansi terus dilakukan dan terus
berlangsung untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Untuk itu kehadiran guru
yang profesional dan berkarakter entrepreneur dalam proses belajar mengajar
mermberi makna yang tinggi. Guru harus bisa membangun kolaborasi dengan peserta
didik agar terjadi interaksi yang menimbulkan suasana belajar yang kondusif,
sehingga tugas dan tanggung jawab utama guru mengelola pembelajaran dengan
lebih efektif, efisien dan dinamis, ditandai dengan tingkat kesadaran dan keaktifan
antara guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal tersebut akan lebih
bermakna bila dalam proses pembelajaran di warnai dengan pembentukan dan
internalisasi karakter entrepreneur. Adapun tahapannya meliputi 1) pengenalan
karakter entrepreneur yang meliputi disiplin, aktif, kreatif , inovatif dan produktif.
2) penanaman karakter entrepreneur pada peserta didik melalui sikap dan perilaku,
3) internalisasi karakter entrepreneur melalui strategi pembelajaran yang
menumbuhkan berpikir kritis dan kreatif. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | karakter entrepreneur | in_ID |
dc.subject | pembelajaran ekonomi akuntansi | in_ID |
dc.title | Internalisasi Karakter Entrepreneur dalam Pembelajaran Ekonomi | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |