Kompetensi Interpersonal Siswa Program Khusus dan Siswa Regular di SMP Batik Program Khusus Surakarta dan SMP Batik Surakarta Tahun 2016/2017
dc.contributor.author | Djumali, Ananta Kidung Dan | |
dc.date.accessioned | 2017-07-17T06:07:27Z | |
dc.date.available | 2017-07-17T06:07:27Z | |
dc.date.issued | 2017-05-24 | |
dc.identifier.citation | Basuki, S. 2008. “Full day school, harus proporsional sesuai jenjang dan jenis sekolah”. Jurnal pendidikan:1-6. Diakses pada 9 April 2016 (http://www.SMKN1lmj.Sch.id/dl/fulldayschool.pdf) Harapan, Edi dan Ahmad, Syarwani. 2014. Komunikasi Antarpribadi: Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada. Hidayat, Dasrun. 2012. Komunikasi Antar Pribadi dan Medianya. Yogyakata:Graha Ilmu. Idrus, M. (2012). Pendidikan Karakter Pada Keluarga Jawa. Jurnal Pendidikan Karakter, (2). Masruroh, L. (2014). PERBEDAAN PENYESUAIAN SOSIAL ANTARA SISWA SEKOLAH FULL DAY DENGAN SISWA SEKOLAH REGULER (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya). Nashori, F. 2000. Kompetensi interpersonal mahasiswa ditinjau dari kematangan beragama, konsep diri, dan jenis kelamin (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada). Rakhmat, Jalaludin. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung; PT Remaja Rosdakarya. Safwan,“Pengaruh Kompetensi dan Motivasi terhadap Kinerja Pengelolaan Keuangan Daerah Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Pide Jaya,” Jurnal Akuntansi No.,1 Volume 3 (Februari 2014) Septiana. 2010. Pengelolaan Pembelajaran Program Full day School di SD Budi Mulya Yogyakarta. Walgito, Bimo. 2008. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta : Andi Widyastono, H. 2004. “Sistem Percepatan Kelas (Akselerasi) Bagi Siswa yang memiliki Kemampuan dan Kecerdasan Luar Biasa”.Jurnal Pendidikan Diakses pada 31 Maret 2016 http://www.depdiknas.go.id/jurnal/26/sistem_percepatan_herry.htm.). Wisnuwardhani, Dian dan Mashoedi, Sri Fatmawati. 2012. Hubungan Interpersonal. Jakarta:Salemba Humanika. Wiwik, Sulistyaningsih. 2008. Full day school dan Optimalisasi Perkembangan Anak. Yogyakarta; Paradigma Indonesia. https://docs.google.com/viewer?a=v&pid=sites&srcid=ZGVmYXVsdGRv bWFpbnxuZ2FydGlrZWx8Z3g6NDQ3NzYxMzllZWI5MThlZA | in_ID |
dc.identifier.issn | 2503‐4855 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8883 | |
dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Perbedaan kompetensi interpersonal siswa Program Khusus dengan siswa Reguler di SMP Batik surakarta dan SMP Batik Program Khusus Surakarta tahun 2016/2017. 2) Membandingkan tingkat kompetensi interpersonal siswa program khusus dan regular di SMP Program Khusus dan SMP Batik Surakarta. 3) Tingkat kompetensi interpersonal siswa Program Khusus. 4) Tingkat kompetensi interpersonal siswa regular. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kausal komparasi dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Batik Surakarta dan siswa kelas VIII SMP Batik Program Khusus Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang diambil adalah sebanyak 84 siswa dengan teknik pengambila Propotional Random Sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya di uji cobakan dan di uji validitas serta reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah T test dua sampel dengan bantua program SPSS 21.00 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan antara siswa program khusus di SMP Batik Program Khusus Surakarta dengan siswa yang menempuh program reguler di SMP Batik Surakarta. Siswa yang menempuh pendidikan Program Khusus memiliki mean sebesar 153,05 sedangkan siswa yang menempuh pendidikan program reguler memiliki mean sebesar 137,41dengan taraf signifikansi 0,002 (P<0,05) berdasarkan hasil tersebut hipotesis diterima atau terbukti. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Kompetensi interperonal | in_ID |
dc.subject | siswa program khusus | in_ID |
dc.subject | siswa reguler | in_ID |
dc.title | Kompetensi Interpersonal Siswa Program Khusus dan Siswa Regular di SMP Batik Program Khusus Surakarta dan SMP Batik Surakarta Tahun 2016/2017 | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ekonomi Untuk Menghasilkan Masyarakat Yang Berkarakter Ekonomi Ke-Indonesiaan