dc.contributor.author | Nilawati, Fitri | |
dc.date.accessioned | 2017-07-17T06:26:00Z | |
dc.date.available | 2017-07-17T06:26:00Z | |
dc.date.issued | 2017-05-24 | |
dc.identifier.citation | Asmani, Jamal Ma’mur. (2009). 7 Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta: Power Books (IHDINA) Aziz, Hamka Abdul. (2012). Karakter Guru Profesional: Melahirkan murid unggul Menjawab Tantangan Masa Depan. Jakarta: Al-Mawardi Prima A’maliyah, Najiatul. (2015). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Kelas dalam Pelaksanaan Pembelajaran di SD/MI Jakarta Barat Firmansyah F. (2007). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Struktur dan Kendalanya). Tadris 2 (1):134-144. Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008. Tentang Guru Setyowati. (2014). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Produktif Kelompok Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 6 Surakarta. Suyanto, &Jihad, Asep. (2014). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Erlangga Usman H & Nuryadin ER. Strategi Kepemimpinan Pembelajaran Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013. Cakrawala Pendidikan 32 (1):1-13. Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen Undang-undang Nomor 20 tahun 2013. Tentang Pendidikan Nasional Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidkan. Jakarta: Kencana. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2503‐4855 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8889 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kesesuaian dan kesiapan kompetensi
pedagogik yang dimiliki guru ekonomi dalam pelaksanaan kurikulum 2013.
Subyek penelitian yang digunakan adalah guru yang dapat memberikan informasi
mengenai kompetensi pedagogik pada mata pelajaran ekonomi serta wakil kepala
sekolah kurikulum dengan pelaksanaan kurikulum 2013.
Penelitimengambilnarasumber yang terdiridari 2 guru mata pelajaran ekonomi dan
1 wakil kepala sekolah kurikulum. Penelitian ini menggunakan penelitian
kualitatifyang menggunakan pendekatan kebudayaan (Etnografi) yang bersifat
deskriptif analitik. Teknik penggumpulan data menggunakan Observasi
partisipasif, dokumentasi, wawancara dan Instrumen Pengolahan Data,
Teknikanalisis data pada penelitian ini menggunakan analisis interaktif,diperoleh
dari hasil wawancara responden sudah mampu memahami perbedaan karakteristik
peserta didik baik dari perbedaan pemahaman maupun pemahaman sikap, mampu
menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik,
penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik menyatakan bahwa responden
telah mampu melaksanakan dengan baik, pemanfaatan teknologi informasi untuk
pembelajaran menyatakan bahwa responden telah melaksanakan dengan baik,
berkomunikasi dengan peserta didik menyatakan bahwa responden telah
melaksanakan dengan baik, penyelenggaraan penilaian dan evaluasi proses hasil
belajar menyatakan bahwa responden sudah melaksanakan dengan baik, tindakan
refleksi untuk peningkatan kualitas pendidikan menyatakan responden telah
melaksanakan dengan baik., memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik
untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki menyatakan responden
sudah melaksanakan dengan baik. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Kompetensi Pedagogik Guru | in_ID |
dc.subject | Kurikulum 2013 | in_ID |
dc.title | Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |