• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Ujian Akhir Semester Ganjil Tahun 2016/2017 Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII di SMA Swasta Se-Surakarta

    Thumbnail
    View/Open
    16. publikasi ilmiah_mhs ranto.pdf (96.36Kb)
    Date
    2017-05-24
    Author
    Azizah, Rizki Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penilaian adalah komponen terpenting dalam proses belajar mengajar. Namun beberapa guru kurang memperhatikan cara menyusun soal dengan baik. Penelitian ini untuk mengevaluasi soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dan menggunakan desain penelitian non-eksperimen. Populasi yang digunakan adalah seluruh SMA Swasta Surakarta dengan jumlah populasi 9 SMA Swasta Surakarta. Pemilihan sampel dengan cara purposive random sampling. Teknik pengumpulan data dengan mengumpulkan dokumentasi berupa lembar jawab siswa, soal ujian dan kunci jawaban. Hal yang akan diteliti dalam butir soal berupa validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Serta analisis kesesuaian soal dengan Standar Kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran Ekonomi kelas XII. Analisis dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment Pearson dengan menggunakan SPSS v 24.0. Hasilnya Microsoft Office Excel digunakan untuk menghitung statistik keandalan. Temuan ini menunjukkan bahwa untuk mengukur kinerja siswa secara efektif, perlu dilakukan perbaikan bila item dengan kualitas buruk harus ditinjau ulang. Hasil penelitian menunjukkan, (1) validitas soal Ekonomi menghasilkan 96% valid, soal Akuntansi paket A 86,67%, dan soal Akuntansi paket B sebesar 80%; (2)Soal Ekonomi, Akuntansi paket A dan B reabilitasnya menunjukkan keseluruhan soal memiliki kategori reabilitas tingkatan sedang dengan koefisien 0,40 < R hitung < 0,70 masing-masing pad rentan koefisien 0,495; 0,405; dan 0,535; (3) tingkat kesukaran butir soal Ekonomi secara keseluruhan adalah 28% sukar, 56% sedang, dan 16% mudah; soal Akuntansi paket A memiliki tingkat kesukaran 20% sukar, 73,3% sedang, 6,7% mudah; dan soal Akuntansi paket B 20% sukar, 80% sedang dan 0% mudah; (4) daya pembeda soal Ekonomi adalah 24% sangat memuaskan, soal Akuntansi paket A 20% sangat memuaskan, dan soal Akuntansi paket B memiliki daya pembeda 60% sangat memuaskan; (5) kesesuaian dengan SK dan KD soal Ekonomi tidak sesuai secara keseluruhan; soal Akuntansi paket A 10 soal sesuai; soal Akuntansi paket B 8 yang sesuai.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8890
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV