dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsimi. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Arifin, Zaenal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Bagiyono. (2012). Evaluasi Kualitas Soal Ujian Pelatihan Radiografi. Diakses pada 21 Desember 2016 pada http://jurnal.batan.go.id/index.php/ widyanuklida/article/view/2095 Hasanah, Izzatul. (2013). Analisis Butir Soal Ulangan Kenaikan Kelas Mata Pelajaran Fisika Kelas X Sekolah Menegah Atas Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Diakses pada 07 Oktober 2016 pada https://eprints.uns.ac.id/12484/. Jihad, A., & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Muti Pressindo. Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana. Widoyoko, Eko Putro. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar. | in_ID |
dc.description.abstract | Penilaian adalah komponen terpenting dalam proses belajar mengajar.
Namun beberapa guru kurang memperhatikan cara menyusun soal dengan baik.
Penelitian ini untuk mengevaluasi soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran
Ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dan
menggunakan desain penelitian non-eksperimen. Populasi yang digunakan adalah
seluruh SMA Swasta Surakarta dengan jumlah populasi 9 SMA Swasta Surakarta.
Pemilihan sampel dengan cara purposive random sampling. Teknik pengumpulan
data dengan mengumpulkan dokumentasi berupa lembar jawab siswa, soal ujian
dan kunci jawaban. Hal yang akan diteliti dalam butir soal berupa validitas,
reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Serta analisis kesesuaian soal
dengan Standar Kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran Ekonomi kelas
XII. Analisis dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment Pearson
dengan menggunakan SPSS v 24.0. Hasilnya Microsoft Office Excel digunakan
untuk menghitung statistik keandalan. Temuan ini menunjukkan bahwa untuk
mengukur kinerja siswa secara efektif, perlu dilakukan perbaikan bila item dengan
kualitas buruk harus ditinjau ulang. Hasil penelitian menunjukkan, (1) validitas
soal Ekonomi menghasilkan 96% valid, soal Akuntansi paket A 86,67%, dan soal
Akuntansi paket B sebesar 80%; (2)Soal Ekonomi, Akuntansi paket A dan B
reabilitasnya menunjukkan keseluruhan soal memiliki kategori reabilitas tingkatan
sedang dengan koefisien 0,40 < R hitung < 0,70 masing-masing pad rentan
koefisien 0,495; 0,405; dan 0,535; (3) tingkat kesukaran butir soal Ekonomi
secara keseluruhan adalah 28% sukar, 56% sedang, dan 16% mudah; soal
Akuntansi paket A memiliki tingkat kesukaran 20% sukar, 73,3% sedang, 6,7%
mudah; dan soal Akuntansi paket B 20% sukar, 80% sedang dan 0% mudah; (4)
daya pembeda soal Ekonomi adalah 24% sangat memuaskan, soal Akuntansi
paket A 20% sangat memuaskan, dan soal Akuntansi paket B memiliki daya
pembeda 60% sangat memuaskan; (5) kesesuaian dengan SK dan KD soal
Ekonomi tidak sesuai secara keseluruhan; soal Akuntansi paket A 10 soal sesuai;
soal Akuntansi paket B 8 yang sesuai. | in_ID |