• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penguatan Kompetensi Calon Guru Melalui Program Magang Pada Mahasiswa PGSD FKIP UMS

    Thumbnail
    View/Open
    4.pdf (129.2Kb)
    Date
    2017-05-13
    Author
    Fathoni, Achmad
    Sudrajat, Kukuh Sandy
    Prabowo, David
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana program magang dapat menguatkan kompetensi calon guru SD yang terdiri dari 1) Kompetensi Paedagogik, 2) Kompetensi Profesional, 3) Kompetensi Sosial, dan 4) Kompetensi Sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa 1. Penguatan Kompetensi Paedagogik meliputia. mahasiswa magang memahami istilah kurikulum.b. mahasiswa memiliki kemampuan merumuskan indikator pembelajaran. c .Mahasiswa magang memiliki kemampuan menyiapkan bahan pelajaran.d.mahasiswa magang menguasai pengetahuan keguruan. e. mahasiswa magang mengusai pengetahuan yang diajarkan; 2.Penguatan Kompetensi Profesional meliputi a.mahasiswa magang mempunyai peryaca diri.b.mahasiswa magang memiliki konsekuensi & persiapan dalam profesi. c. mahasiswa magang selalu mengevaluasi kelemahan diri; 3.Penguatan Kompetensi Sosial meliputia. mahasiswa memiliki kemampuan berkomunikasi. b. mahasiswa memiliki kemampuan berorganisasi; dan 4.Penguatan Kompetensi Kepribadian meliputi a.mahasiswa terampil dalam mengorganisasikan urutan materi. b. mahasiswa terampil dalam menyiapkan bahan pembelajaran.c.mahasiswa terampil merumuskan indikator pembelajaran. d.mahasiswa menguasai pengetahuan keguruan. e.mahasiswa mengusai pengetahuan yang diajarkan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9058
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV