Penguatan Kompetensi Calon Guru Melalui Program Magang Pada Mahasiswa PGSD FKIP UMS
View/ Open
Date
2017-05-13Author
Fathoni, Achmad
Sudrajat, Kukuh Sandy
Prabowo, David
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana program magang dapat menguatkan
kompetensi calon guru SD yang terdiri dari 1) Kompetensi Paedagogik, 2) Kompetensi
Profesional, 3) Kompetensi Sosial, dan 4) Kompetensi Sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Keabsahan data
dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa 1. Penguatan
Kompetensi Paedagogik meliputia. mahasiswa magang memahami istilah kurikulum.b. mahasiswa
memiliki kemampuan merumuskan indikator pembelajaran. c .Mahasiswa magang memiliki
kemampuan menyiapkan bahan pelajaran.d.mahasiswa magang menguasai pengetahuan
keguruan. e. mahasiswa magang mengusai pengetahuan yang diajarkan; 2.Penguatan Kompetensi
Profesional meliputi a.mahasiswa magang mempunyai peryaca diri.b.mahasiswa magang memiliki
konsekuensi & persiapan dalam profesi. c. mahasiswa magang selalu mengevaluasi kelemahan
diri; 3.Penguatan Kompetensi Sosial meliputia. mahasiswa memiliki kemampuan berkomunikasi. b.
mahasiswa memiliki kemampuan berorganisasi; dan 4.Penguatan Kompetensi Kepribadian
meliputi a.mahasiswa terampil dalam mengorganisasikan urutan materi. b. mahasiswa terampil
dalam menyiapkan bahan pembelajaran.c.mahasiswa terampil merumuskan indikator
pembelajaran. d.mahasiswa menguasai pengetahuan keguruan. e.mahasiswa mengusai
pengetahuan yang diajarkan.