dc.contributor.author | Fathoni, Achmad | |
dc.contributor.author | Sudrajat, Kukuh Sandy | |
dc.contributor.author | Prabowo, David | |
dc.date.accessioned | 2017-07-26T02:03:16Z | |
dc.date.available | 2017-07-26T02:03:16Z | |
dc.date.issued | 2017-05-13 | |
dc.identifier.citation | Laboratorium Microteaching & PPL. 2014. Buku Pedoman Magang 1. Surakarta: Laboratorium Microteaching & PPL. Larasati, Niken Ayu. 2012. “Persepsi Guru Pembimbing terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Praktik KKN-PPL Universitas Negeri Yogyakarta di SMK PIRI 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013” Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tanggal 4 Mei 2007 mengenai Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru Septianasari, Hani. 2015. “Efektifitas Program PPL-KKN Integratif dalam Peningkatan Kemampuan Mengajar pada Mahasiswa Jurusan PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Tahun 2014”. Skripsi. Univeritas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Yuliasanti, Ratna. 2009. “Persepsi Guru Pamong terhadap Kompetensi Profesional Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang yang Melakukan Praktik Pengalaman Lapangan” Skripsi. Universitas Negeri Semarang, Semarang. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-70471-2-9 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9058 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana program magang dapat menguatkan
kompetensi calon guru SD yang terdiri dari 1) Kompetensi Paedagogik, 2) Kompetensi
Profesional, 3) Kompetensi Sosial, dan 4) Kompetensi Sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Keabsahan data
dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa 1. Penguatan
Kompetensi Paedagogik meliputia. mahasiswa magang memahami istilah kurikulum.b. mahasiswa
memiliki kemampuan merumuskan indikator pembelajaran. c .Mahasiswa magang memiliki
kemampuan menyiapkan bahan pelajaran.d.mahasiswa magang menguasai pengetahuan
keguruan. e. mahasiswa magang mengusai pengetahuan yang diajarkan; 2.Penguatan Kompetensi
Profesional meliputi a.mahasiswa magang mempunyai peryaca diri.b.mahasiswa magang memiliki
konsekuensi & persiapan dalam profesi. c. mahasiswa magang selalu mengevaluasi kelemahan
diri; 3.Penguatan Kompetensi Sosial meliputia. mahasiswa memiliki kemampuan berkomunikasi. b.
mahasiswa memiliki kemampuan berorganisasi; dan 4.Penguatan Kompetensi Kepribadian
meliputi a.mahasiswa terampil dalam mengorganisasikan urutan materi. b. mahasiswa terampil
dalam menyiapkan bahan pembelajaran.c.mahasiswa terampil merumuskan indikator
pembelajaran. d.mahasiswa menguasai pengetahuan keguruan. e.mahasiswa mengusai
pengetahuan yang diajarkan. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS | in_ID |
dc.subject | penguatan kompetensi calon guru | in_ID |
dc.subject | program magang | in_ID |
dc.title | Penguatan Kompetensi Calon Guru Melalui Program Magang Pada Mahasiswa PGSD FKIP UMS | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |