Perspektif Calon Guru Terhadap Konsep Guru Profesional
Abstract
Artikel ini memaparkan hasil penelitian tentang perspektif calon guru terhadap konsep guru
yang profesional. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi jenis kompetensi yang paling dominan
yang harus dimiliki oleh seorang guru profesional. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris semester dua dan empat, FKIP, Universitas
Muhammadiyah semester genap, tahun 2016/2017 sejumlah 106 orang dari. Penelitian dilaksanakan
dengan cara meminta subjek untuk memaparkan guru professional menurut pandangan mereka. Data
yang terkumpul dianalisis dengan cara menginterpretasi kuisioner yang ditulis oleh responden
penelitian. Hasilnya dimasukkan dalam tabel. Untuk mengidentifikasi jenis kompetensi yang paling
dominan, peneliti menggunakan deskriptif statistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa jenis
kompetensi utama yang harus dimiliki oleh guru profesional adalah paedagogik (50,94%),
kepribadian (36,79), profesional (9,43), dan sosial (2,83).