dc.identifier.citation | Al-Mahrooqi, Rahma , Christopher Denman, Jamila Al-Siyabi, Faisal AlMaamari. (2015). Characteristics of a good efl teacher: omani efl teacher and student perspectives. Diakses tanggal 20 April 2017 dari http://journals.sagepub.com/doi/abs/1 0.1177/ 2158244015584782 Hussain, Nasir, Bilal Nawaz, Shaista Nasir, "NosherwanKiani" & Mahdi Hussain. (2013). Positive teacherstudent relationship and teachers experience-a teacher’s perspective. Global Journal of Management and Business Research Interdisciplinary (13) 3 Version 1.0 Year 2013. Indrawati dan Wawan Setiawan. (2009). Modul pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Diterbitkan oleh PPPPTK I PA. Liando, Nihta V F. (2010). Students’ vs. teachers’ perspectives on best teacher characteristics in efl classrooms TEFLIN Journal 122, Volume 21, Number 2, August 2010. Purwanto Ngalim. (2002). Administrasi dan supervisi pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Shishavan, Homa Babai, Karim Sadeghi. (2009). Characteristics of an effective english language teacher as perceived by iranian teachers and learners of english department of english language, faculty of literature and humanities university of urmiaurmia, iran. English Language Teaching (2) 4. Diakses tanggal 20 April 2017 dariwww.ccsenet.org/journal.html. Zakiah, Daradjat. (2005). Kepribadian guru. Jakarta: Bintang, | in_ID |
dc.description.abstract | Artikel ini memaparkan hasil penelitian tentang perspektif calon guru terhadap konsep guru
yang profesional. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi jenis kompetensi yang paling dominan
yang harus dimiliki oleh seorang guru profesional. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris semester dua dan empat, FKIP, Universitas
Muhammadiyah semester genap, tahun 2016/2017 sejumlah 106 orang dari. Penelitian dilaksanakan
dengan cara meminta subjek untuk memaparkan guru professional menurut pandangan mereka. Data
yang terkumpul dianalisis dengan cara menginterpretasi kuisioner yang ditulis oleh responden
penelitian. Hasilnya dimasukkan dalam tabel. Untuk mengidentifikasi jenis kompetensi yang paling
dominan, peneliti menggunakan deskriptif statistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa jenis
kompetensi utama yang harus dimiliki oleh guru profesional adalah paedagogik (50,94%),
kepribadian (36,79), profesional (9,43), dan sosial (2,83). | in_ID |