• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pembelajaran Tematik SD Bermuatan IPS Dengan Media Gambar Sederhana

    Thumbnail
    View/Open
    22.pdf (119.5Kb)
    Date
    2017-05-13
    Author
    Purbasari, Imaniar
    Fajrie, Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ranah pembelajaran tematik bermuatan IPS menggunakan pendekatan sosial yang menghubungkan satu fenomena sosial dengan fenomena sosial yang lainnya. Siswa dalam proses pembelajaran diajak memandang, memecahkan dan mengambil keputusan dari berbagai perspektif sosial. Sehingga, terbentuk dinamika pembelajaran yang mengedepankan kecerdasan sebagai kekuatan kognitif namun terdapat penghormatan terhadap sikap dan keterampilan sosial dari perbedaan individu. Tujuan pembelajaran tematik bermuatan IPS SD tersebut tentu tidak dapat diwujudkan apabila kegiatan pembelajaran tidak dilakukan secara konstekstual, inovatif dan bermakna sosial. Peran muatan pembelajaran SBdP sebagai upaya menghadirkan lingkungan sosial dalam bentuk media pembelajaran memberikan dampak terwujudnya model berpikir konkret. Namun, kesulitan pembelajaran tematik adalah bagaimana memadukan muatan pembelajaran yang secara induktif siswa mampu merangkai pengetahuan lewat pembelajaran yang menguji kualitas pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa. Salah satu stimulus yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran adalah dengan meningkatkan keterampilan guru terlebih dahulu, kemudian memberikan pendekatan sosial terhadap siswa, sehingga mampu meningkatkan kemampuan sosial siswa. Teknik menggambar bentuk-bentuk sederhana berdasarkan lingkungan sosial sekitar merupakan cara pertama untuk meningkatkan ketrampilan guru dengan menghadirkan pola berpikir konkret pada siswa. Sehingga, diharapkan terjadi inovasi pembelajaran bermakna melalui teknik menggambar bentuk-bentuk sederhana, mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan dalam menggambar sebagai bentuk kreativitas yang mendukung pola perilaku sosial yang positif.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9114
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV