• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pemberdayaan Guru Bersertifikasi di SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta

    Thumbnail
    View/Open
    17.pdf (158.5Kb)
    Date
    2017-05-13
    Author
    Rahmawati, Fitri Puji
    Agustin, Afifah Marla
    Rohmah, Aisyah Wardatur
    Meita, Yan Citra
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sertifikasi guru merupakan salah satu usaha penerintah Indonesia untuk meningkatkan profesionalitas dan kesejahteraan tenaga pendidik. Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan kegiatan pemberdayaan guru bersertifikasi, dampak-dampak yang ditimbulkan dari kegiatan pemberdayaan tersebut, dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pemberdayaan guru bersertifikasi di SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta. Metode penelitian yang digunakan berjenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan studi kasus sebagai desainnya. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan interaktif. Validasi data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa bentuk kegiatan untuk pemberdayaan guru bersertifikasi di SD Muhammadiyah 16 Karangasem dilakukan dengan menambah jam mengajar guru, memberi tanggung jawab sebagai guru ekstrakurikuler, memberikan pelatihan IT, mengikutsertakan guru dalam kegiatan tahsin. Dampak yang terjadi yakni guru meningkat kemampuan profesionalitasnya dari standar minimum yang telah ditetapkan. Kendala kepala sekolah terkait kegiatan pemberdayaan guru bersertifikasi ini ialah terkait keaktifan dan keikutsertaan guru dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan sarana prasarana sekolah yang kurang mendukung untuk mengembangkan kemampuan profesionalitas guru bersertifikasi.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9120
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV