dc.contributor.author | Rahmawati, Fitri Puji | |
dc.contributor.author | Agustin, Afifah Marla | |
dc.contributor.author | Rohmah, Aisyah Wardatur | |
dc.contributor.author | Meita, Yan Citra | |
dc.date.accessioned | 2017-07-31T07:50:45Z | |
dc.date.available | 2017-07-31T07:50:45Z | |
dc.date.issued | 2017-05-13 | |
dc.identifier.citation | Boedhowi. 2009. Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pelaksana. Jakarta. Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung : Alfabeta Hamzah B. Uno. 2008. Profesi Kependidikan. Jakarta: Sinar Grafika Offset Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja R0sdakarya. Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menentukan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Sanaky, Hujair AH. 2005. Sertifikasi dan Profesionalisme Guru di Era Reformasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam. Sudrajat, Akhmad. 2008. Pengertian Pendekatan, Metode. Teknik, dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Sufyarma. 2003. Restrukturisasi dan Pemberdayaan Organisasi untuk Menghadapi Dinamika Perubahan Lingkungan. Bandung: Masdar Maju. Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Suparno, Paul. 2008. Action Research Riset Tindakan untuk Pendidik. Jakarta: Grasindo Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-70471-2-9 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9120 | |
dc.description.abstract | Sertifikasi guru merupakan salah satu usaha penerintah Indonesia untuk meningkatkan
profesionalitas dan kesejahteraan tenaga pendidik. Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan
kegiatan pemberdayaan guru bersertifikasi, dampak-dampak yang ditimbulkan dari kegiatan
pemberdayaan tersebut, dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pemberdayaan guru
bersertifikasi di SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta. Metode penelitian yang digunakan
berjenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan studi kasus sebagai desainnya. Teknik pengumpulan
data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan interaktif. Validasi
data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa bentuk kegiatan
untuk pemberdayaan guru bersertifikasi di SD Muhammadiyah 16 Karangasem dilakukan dengan
menambah jam mengajar guru, memberi tanggung jawab sebagai guru ekstrakurikuler, memberikan
pelatihan IT, mengikutsertakan guru dalam kegiatan tahsin. Dampak yang terjadi yakni guru
meningkat kemampuan profesionalitasnya dari standar minimum yang telah ditetapkan. Kendala
kepala sekolah terkait kegiatan pemberdayaan guru bersertifikasi ini ialah terkait keaktifan dan
keikutsertaan guru dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan sarana prasarana sekolah yang
kurang mendukung untuk mengembangkan kemampuan profesionalitas guru bersertifikasi. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS | in_ID |
dc.subject | pemberdayaan | in_ID |
dc.subject | guru | in_ID |
dc.subject | sertifikasi | in_ID |
dc.title | Pemberdayaan Guru Bersertifikasi di SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |