Show simple item record

dc.date.accessioned2017-07-31T08:09:09Z
dc.date.available2017-07-31T08:09:09Z
dc.date.issued2017-05-13
dc.identifier.citationAnwar, Muhammad. (2015). Filsafat Pendidikan. Prenadamedia Group Jakarta. Darling & Nordenbo. (2002). Philosophy of Education. Progressivism. Chapter 16. Blackwell Publishers Ltd Hanurawan, F, dkk. (2006). Filsafat Pendidikan. FIP UM. Labaree, David. (2005). Progressivism, Schools And Schools Of Education: An American Romance. Jurnal Paedagogica Historica,Vol. 41, Nos. 1&2,February 2005, pp. 275–288 ISSN 0030-9230 (print)/ISSN 1477674X (online)/05/010275–14 Nanuru, Ricardo. (2013). Progresivisme Pendidikan dan Relevansinya di Indonesia. Jurnal UNIERA Volume 2 Nomor 2; ISSN 2086-0404 Samino. (2015). Filsafat Pendidikan. Fairuz Kartasura.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-2-9
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9123
dc.description.abstractProgresivisme yang mulai berkembang pada abad awal XX dalam dunia pendidikan dengan melihat situasi dan kondisi sekolah pada saat itu yang masih tradisional dan esensial dengan mengagungkan pengetahuan saja dan adanya dikotomi teori dan praktik sehingga tidak bisa menjawab tantangan dunia kerja pada saat itu. Kemudian muncullah tokoh-tokoh seperti Dewey, Rousseau, Pestalozi, dan lain-lain dengan membawa perubahan cara pandang dalam pendidikan dan mewarnai dunia pendidikan sampai sekarang. Pendidikan menurut aliran progresivisme ini menekankan kreativitas murid, di mana bebas mengekspresikan apa yang menarik dalam pikirannya. Guru hanya bertugas untuk membimbing dan mengarahkan maksud dan tujuan murid, tidak boleh lebih dari itu. Kurikulum bersumber dari murid dan kemudian difasilitasi oleh sekolah semaksimal mungkin. Aliran ini tidak berpatokan kepada kurikulum yang sifatnya baku, sehingga untuk menilai hasil dari pendidikan itu menjadi sangat sulit. Dan inilah yang menjadi kelemahannya. Contoh pendidikan di Indonesia seperti di MIM PK Kartasura dengan menerapkan kurikulum multiple intelegensi dan SMK yang menjawab tantangan persaingan dunia kerja karena bakat dan kreatifitas yang dikembangkan di sekolah formal.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMSin_ID
dc.subjectProgresivismein_ID
dc.subjectPendidikan di Indonesiain_ID
dc.titleProgresivisme Dalam Pendidikan Di Indonesiain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record