• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Memupuk Kompetensi Dan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah

    Thumbnail
    View/Open
    30.pdf (144.7Kb)
    Date
    2017-05-13
    Author
    Hidayah, Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Guru sekolah dasar wajib memiliki empat kompetensi dalam menjalankan tugas profesinya sebagai guru. kinerja yang baik menunjukkan ukuran profesionalismenya seorang guru. Namun, ukuran profesionalisme tersebut masih dimaknai secara sempit hanya sebatas lulus sertifikasi guru. Padahal, profesionalisme harus senantiasa ditumbuhkembangkan pada diri guru secara intensive dan berkesinambungan. persoalannya adalah bagaimana strategi memupuk kompetensi dan profesionalisme guru sekolah dasar khususnya di Muhammadiyah. Metode penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengimplementasikan kajian literatur tentang kompetensi dan profesionalisme guru. Teknik pengumpulkan informasi dengan telaah dengan menggunakan keabsahan data melalui triangulasi prosedur. Selanjutnya informasi/data hasil telaah dianalisis secara deskripsi melalui proses collecting data, tabulating data, reduction data, dan pembuatan kesimpulan. Pengembangan profesionalisme guru harus menjadi perhatian yang sangat serius, karena guru memiliki tugas dan peran yang bukan hanya memberikan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi, melainkan juga membentuk sikap dan jiwa siswa, sehingga siswa akan mampu beradaptasi terhadap tantangan perkembangan zaman. Oleh karena itu, guru di sekolah dasar harus memiliki kepribadian yang matang dan berkembang, penguasaan ilmu yang kuat, memiliki ketrampilan memotivasi siswa dalam sains dan teknologi. Beberapa strategi dalam memupuk kompetensi dan profesionalisme guru di sekolah dasar Muhammadiyah, antara lain: studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi (S2/S3), mengupdate pengetahuan dalam pertemuanpertemuan ilmiah baik nasional maupun internasional, memantapkan ideologi persyarikatan Muhammadiyah dalam bentuk Baitul Arqom secara intensive, menulis ide-ide pengembangan profesinya dalam media massa maupun jurnal ilmiah, melakukan uji kompetensi dalam ajang-ajang perlombaan guru, dan aktive terlibat dalam kegiatan rumpun keilmuan dalam MGMP.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9125
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV