Peningkatan Keterampilan Menulis Petunjuk Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Multimedia Power Point Pada Siswa Kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang
Abstract
Berdasarkan refleksi prasiklus diperoleh permasalahan bahwa pembelajaran menulis petunjuk pada
siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang belum optimal.Permasalahan tersebut yaitu guru tidak
memberikan peragaan dan kurang memberikan pencontohan konkret, dan pembelajaran yang
dilakukan kurang sistematis.Selain itu, siswa kurang aktif dalam bertanya dan menanggapi
pertanyaan karena media yang digunakan guru kurang menarik dan kurang beragam.Hal ini
berdampak pada hasil keterampilan menulis petunjuk siswa rendah dengan persentase ketuntasan
belajar sebesar 41% dengan rata-rata kelas 63. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimanakah cara meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis
petunjuk melalui penerapan pendekatan saintifik dengan metode demonstrasi berbantuan multimedia
power point pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang? Penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus.Setiap siklus satu pertemuan dan dilaksanakan
melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian adalah
guru dan siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang.Teknik pengumpulan data menggunakan tes,
observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan yaitu
analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan guru pada siklus
pertama memperoleh skor 32 dengan kategori sangat baik, meningkat pada siklus kedua sebesar 35
dengan kategori sangat baik, meningkat pada siklus ketiga sebesar 38 dengan kategori sangat baik;
(2) aktivitas siswa pada siklus pertama sebesar 15,3 dengan kategori cukup; meningkat pada siklus
kedua sebesar 18,36 dengan kategori baik; meningkat pada siklus ketiga sebesar 19,18 dengan
kategori sangat baik; (3) keterampilan menulis petunjuk pada siklus pertama memperoleh skor ratarata
kelas 70 dengan pesentase ketuntasan 67%, meningkat pada siklus kedua 78 dengan pesentase
ketuntasan 79%, meningkat pada siklus ketiga 81 dengan persentase ketuntasan 85%. Simpulan
penelitian adalah melalui metode demonstrasi berbantuan multimedia powerpoint dapat
meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis petunjuk. Saran dari
peneliti yaitu agar guru menerapkan metode demonstrasi berbantuan multimedia power point untuk
meningkatkan keterampilan menulis petunjuk.