• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Keterampilan Menulis Petunjuk Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Multimedia Power Point Pada Siswa Kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang

    Thumbnail
    View/Open
    31.pdf (239.4Kb)
    Date
    2017-05-13
    Author
    Abbas, Nuraeni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan refleksi prasiklus diperoleh permasalahan bahwa pembelajaran menulis petunjuk pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang belum optimal.Permasalahan tersebut yaitu guru tidak memberikan peragaan dan kurang memberikan pencontohan konkret, dan pembelajaran yang dilakukan kurang sistematis.Selain itu, siswa kurang aktif dalam bertanya dan menanggapi pertanyaan karena media yang digunakan guru kurang menarik dan kurang beragam.Hal ini berdampak pada hasil keterampilan menulis petunjuk siswa rendah dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 41% dengan rata-rata kelas 63. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis petunjuk melalui penerapan pendekatan saintifik dengan metode demonstrasi berbantuan multimedia power point pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang? Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus.Setiap siklus satu pertemuan dan dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang.Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan guru pada siklus pertama memperoleh skor 32 dengan kategori sangat baik, meningkat pada siklus kedua sebesar 35 dengan kategori sangat baik, meningkat pada siklus ketiga sebesar 38 dengan kategori sangat baik; (2) aktivitas siswa pada siklus pertama sebesar 15,3 dengan kategori cukup; meningkat pada siklus kedua sebesar 18,36 dengan kategori baik; meningkat pada siklus ketiga sebesar 19,18 dengan kategori sangat baik; (3) keterampilan menulis petunjuk pada siklus pertama memperoleh skor ratarata kelas 70 dengan pesentase ketuntasan 67%, meningkat pada siklus kedua 78 dengan pesentase ketuntasan 79%, meningkat pada siklus ketiga 81 dengan persentase ketuntasan 85%. Simpulan penelitian adalah melalui metode demonstrasi berbantuan multimedia powerpoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis petunjuk. Saran dari peneliti yaitu agar guru menerapkan metode demonstrasi berbantuan multimedia power point untuk meningkatkan keterampilan menulis petunjuk.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9129
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV