Show simple item record

dc.contributor.authorAbbas, Nuraeni
dc.date.accessioned2017-07-31T08:38:55Z
dc.date.available2017-07-31T08:38:55Z
dc.date.issued2017-05-13
dc.identifier.citationAbidin, M.Z. 2010. Taksonomi Bloom, Konsep dan Implikasinya bagi Pendidikan Matematika (Online). Tersedia di http//www.masbied.com/2010/03/ 20/taksonomi-bloom-konsep-danimplikasinya-bagipendidikanmatematika/ diakses pada tanggal 6 Maret 2014 Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara Arsanti, Meilan. 2011. Keterampilan Menulis Petunjuk (Online).Tersedia di http://meylanarzhanty.blogspot.com/ 2011/12/keterampilanmenulispetunjuk.html diakses pada tanggal 3 Januari 2014. Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembalajaran. Jakarta: Rajawali Press Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: GP. Press BSNP. 2006. Standar Isi Kurikulum KTSP SD/MI. Jakarta: BSNP Djamarah, S.B. dan Aswan Zain.2010. Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta Doyin, M dan Wagiran. 2010. Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Unnes Press Hairuddin dkk.2008. Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jakarta: Dikjendikti Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia Hartono, Rudi. 2013. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Yogyakarta: DIVA Press Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press Iskandarwassid dan Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Kemendikbud. 2013. Survei Internasional PIRLS. (Online).Tersedia di http://litbang.kemdikbud.go.id/ diakses tanggal 15 Maret 2014. Lapono, Nabisi. 2008. Belajar dan Pembelajaran SD. Jakarta: Dikjendikti Margono. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta Nur’aini, Umri dan Indriyani. 2006. Bahasa Indonesia IV. Jakarta: Depdikbud Munir. 2012. Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Muslich, Masnur. 2012. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara OECD. 2013. Pooerwanti, Endang, dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2013. Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta: Kemendikbud Rifa’i, Achmad dan Catharina T.A. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press Rusman. 2011. Modelmodel Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press Sadiman, A.S. dkk. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press 159 Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Sakti, Andika.2013. Taksoomi Bloom yang telah Direvisi Terkait dengan Berfikir Matematis (online). Tersedia di http://andikasakti13.blogspot.com /2013/5/taksonomi-bloom-yangtelah-direvisi.html?m=1 diakses pada tanggal 6 Maret 2014 Sardiman, AM. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Gravindo Persada Siddiq, dkk. 2008. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Jakarta: Dikjendikti Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta Sudjana, Nana.2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya Suparno dan Mohamad Yunus. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka. Susmiati, Ade. 2008. Bahasa Indonesia: Menulis Petunjuk (Online). Tersedia di http://id.gameforsmart.com/portal/m atericontent.aspx?kt=smp-kelas7&id=bahasa-indonesia-menulispetunjuk diakses pada tanggal 28 Januari 2014 Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta Widihastrini, Florentina. 2012. Penelitian Pendidikan SD. PGSD FIP Unnes Widoyoko, Eko Putro. 2011. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar 358 ___________________. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Putaka Belajar Winataputra, Udin S dkk. 2005. Strategi B elajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbukain_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-2-9
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9129
dc.description.abstractBerdasarkan refleksi prasiklus diperoleh permasalahan bahwa pembelajaran menulis petunjuk pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang belum optimal.Permasalahan tersebut yaitu guru tidak memberikan peragaan dan kurang memberikan pencontohan konkret, dan pembelajaran yang dilakukan kurang sistematis.Selain itu, siswa kurang aktif dalam bertanya dan menanggapi pertanyaan karena media yang digunakan guru kurang menarik dan kurang beragam.Hal ini berdampak pada hasil keterampilan menulis petunjuk siswa rendah dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 41% dengan rata-rata kelas 63. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis petunjuk melalui penerapan pendekatan saintifik dengan metode demonstrasi berbantuan multimedia power point pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang? Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus.Setiap siklus satu pertemuan dan dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang.Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan guru pada siklus pertama memperoleh skor 32 dengan kategori sangat baik, meningkat pada siklus kedua sebesar 35 dengan kategori sangat baik, meningkat pada siklus ketiga sebesar 38 dengan kategori sangat baik; (2) aktivitas siswa pada siklus pertama sebesar 15,3 dengan kategori cukup; meningkat pada siklus kedua sebesar 18,36 dengan kategori baik; meningkat pada siklus ketiga sebesar 19,18 dengan kategori sangat baik; (3) keterampilan menulis petunjuk pada siklus pertama memperoleh skor ratarata kelas 70 dengan pesentase ketuntasan 67%, meningkat pada siklus kedua 78 dengan pesentase ketuntasan 79%, meningkat pada siklus ketiga 81 dengan persentase ketuntasan 85%. Simpulan penelitian adalah melalui metode demonstrasi berbantuan multimedia powerpoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis petunjuk. Saran dari peneliti yaitu agar guru menerapkan metode demonstrasi berbantuan multimedia power point untuk meningkatkan keterampilan menulis petunjuk.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMSin_ID
dc.subjectdemonstrasiin_ID
dc.subjectpetunjukin_ID
dc.subjectpower pointin_ID
dc.titlePeningkatan Keterampilan Menulis Petunjuk Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Multimedia Power Point Pada Siswa Kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarangin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record