Evaluasi Program Magang Mahasiswa PGSD di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk dapat: mendeskripsikan pelaksanaan Program Magang
prodi PGSD, mendapatkan informasi tentang hambatan, dan kendala pelaksanaan Magang
sejak perencanaan hingga pelaksanaan Magang, informasi yang diharapkan dapat diperoleh
secara komprehensif dari berbagai pihak terkait, sehingga hasil yang diperoleh dapat
digunakan untuk merancang perbaikan secara simultan, dan memperoleh umpan balik guna
memperbaiki kualitas penyelenggaraan Magang di masa-masa yang akan datang. Populasi
penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VII yang sudah melaksanakan Magang, 22
Sekolah Mitra dengen personel yang terkait dengan penyelenggaraan Magang yakni kepala
sekolah dan guru pembimbing, dosen pembimbing lapangan, dan beragam kebijakan yang
terkait dengan penyelenggaraan Magang, Unit P3K beserta staf yang menangani aktivitas
Magang. Data dikumpulkan dengan angket terbuka dan tertutup, wawancara, dokumentasi,
observasi dan focus group discussion. Analisis data secara deskriptif kualitatif, korelasional
komperatif untuk analisis bivariat, dan identifikasi faktor-faktor penghambat ataupun
pendukung. Melalui penelitian ini diharapkan dapat diperoleh umpan balik komprehensif
sehingga upaya perbaikan dapat dilakukan secara simultan sesuai dengan peran dan
kewenangan masing-masing, dengan tetap membangun kolaborasi sinergistik yang makin
berkualitas.