Riset Kolaborasi Pengembangan Buku Cerita Anak Bermuatan Kearifan Lokal Berpendekatan Sastra Didaktis Sebagai Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar
Abstract
Guru sebagai pendidik senantiasa dituntut untuk melakukan penguatan –afirmasi- kompetensi di
berbagai lini. Oleh karena itu, akademisi dapat berkontribusi dengan cara melakukan riset
kolaborasi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan ialah melahirkan produk sumber belajar yang
bermutu, baik konteks maupun kontennya. Indonesia, kaya akan pelbagai budaya dengan beragam
kearifan lokal yang perlu dilestarikan, edukasi sejak dini melalui buku cerita anak merupakan salah
satu strategi efektifnya. Tulisan ini mengajukan gagasan penguatan kompetensi guru SD dengan
melakukan riset kolaborasi tentang pengembangan buku cerita anak bermuatan kearifan lokal dengan
pendekatan sastra didaktis. Pada proses penelitian dikembangkan desain buku cerita anak dengan
mengunakan model penelitian Educational Design Research (EDeR) serta menggunakan pendekatan
teori sastra didaktis. Untuk memperoleh data yang massif, penelitian ini akan melibatkan dosen, guru,
mahasiswa, dan siswa sekolah dasar. Dengan demikian, selain menghasilkan desain pengembangan
buku cerita anak bermuatan kearifan lokal; prototype buku cerita anak bermuatan kearifan lokal;
juga memberikan penguatan kompetensi guru SD dalam menghasilkan sumber belajar yang bermutu.