Show simple item record

dc.contributor.authorApriliya, Seni
dc.date.accessioned2017-07-31T09:00:18Z
dc.date.available2017-07-31T09:00:18Z
dc.date.issued2017-05-13
dc.identifier.citationAbrams, M.H. (1999). A Glossary of Literary Terms. Massachussets: Heinle & Heinle. Akker,dkk. (2006). Educational Design Research. New York : Routledge Apriliya, S. dkk. (2016). Nilai-nilai Didaktis Sastra Anak Indonesia (Resepsi Siswa Sekolah Dasar terhadap Naskah Terbaik LMCA). Tasikmalaya: Tidak diterbitkan. Dubova, M.V. (2014). Problems of Primary Education Today. Russian Education and Society. Volume 56 No 5 pp: 3-14. Hasanuddin WS. ( 2015). Sastra Anak Kajian Tema, Amanat dan Teknik Penyampaian Cerita Anak Terbitan Surat Kabar. Bandung: CV Angkasa. McKenney, & Reeves. (2012). Conducting Educational Design Reasearch. New York: Routledge. Nadlir. (2014). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Volume 2 (2). Nurgiyantoro, B. (2010). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Rosidi, A. (2011). Kearifan Lokal dalam Perspektif Budaya Sunda. Bandung: PT Kiblat Buku Utama. Sarumpaet, RK. (2010). Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Sumiyadi. (2010). Sastra Pendidikan dan Pendidikan Sastra. Diakses dari http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SASTRA_INDONESIA/1 9660320199103- Tarigan, HG. (2011). Dasar-dasar Psikosastra. Bandung: Angkasa. Undang-Undang Guru dan Dosen No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-2-9
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9137
dc.description.abstractGuru sebagai pendidik senantiasa dituntut untuk melakukan penguatan –afirmasi- kompetensi di berbagai lini. Oleh karena itu, akademisi dapat berkontribusi dengan cara melakukan riset kolaborasi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan ialah melahirkan produk sumber belajar yang bermutu, baik konteks maupun kontennya. Indonesia, kaya akan pelbagai budaya dengan beragam kearifan lokal yang perlu dilestarikan, edukasi sejak dini melalui buku cerita anak merupakan salah satu strategi efektifnya. Tulisan ini mengajukan gagasan penguatan kompetensi guru SD dengan melakukan riset kolaborasi tentang pengembangan buku cerita anak bermuatan kearifan lokal dengan pendekatan sastra didaktis. Pada proses penelitian dikembangkan desain buku cerita anak dengan mengunakan model penelitian Educational Design Research (EDeR) serta menggunakan pendekatan teori sastra didaktis. Untuk memperoleh data yang massif, penelitian ini akan melibatkan dosen, guru, mahasiswa, dan siswa sekolah dasar. Dengan demikian, selain menghasilkan desain pengembangan buku cerita anak bermuatan kearifan lokal; prototype buku cerita anak bermuatan kearifan lokal; juga memberikan penguatan kompetensi guru SD dalam menghasilkan sumber belajar yang bermutu.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMSin_ID
dc.subjectriset kolaborasiin_ID
dc.subjectbuku cerita anakin_ID
dc.subjectkearifan lokalin_ID
dc.subjectsastra didaktisin_ID
dc.subjectkompetensi guru SDin_ID
dc.titleRiset Kolaborasi Pengembangan Buku Cerita Anak Bermuatan Kearifan Lokal Berpendekatan Sastra Didaktis Sebagai Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasarin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record