Analisis Pelatihan Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Untuk Mewujudkan Sekolah Adiwiyata Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Piyungan
Abstract
Artikel ini adalah artikel mengenai pemaparan hasil dari pengabdian kepada masyarakat. Adapun
tujuan dari pengabdian kepada masyarakat adalah untuk memberikan pembekalan pada guru-guru
SD di Kecamatan Piyungan untuk dapat mendidik, membimbing, dan mengarahkan generasi muda
Indonesia agar peduli terhadap lingkungan. Pelaksanaan kegiatan berupa pemberian materi yang
dilaksanakan selama 2 hari dan berupa pendampingan dimana para guru mempraktikkan membuat
rancangan pembelajaran yang berkarakter peduli lingkungan dalam mewujudkan sekolah
adiwiyata dan pendampingan sekolah menuju sekolah adiwiyata. Metode yang digunakan dalam
analisis ini adalah metode deskriptif. Hasil analisis dari kajian ini adalah (1)Sebagian besar guru
telah memahami materi yang disampaikan pada hari pertama, (2) Sebanyak 20 guru sekolah dasar
di kecamatan piyungan mampu membuat rancangan pembelajaran yang berbasis karakter peduli
lingkungan, (3) pelaksanaan action plan dapat berjalan dengan baik dan lancar.