dc.contributor.author | Purwanti, Siwi | |
dc.date.accessioned | 2017-07-31T09:04:07Z | |
dc.date.available | 2017-07-31T09:04:07Z | |
dc.date.issued | 2017-05-13 | |
dc.identifier.citation | Asmani. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press. Handayani, Trikinasih. (2016). Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup melalui Sekolah Adiwiyata. Prosiding, Symposium of Biologi Education yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Biologi, tanggal 27 Agustus 2016. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan. Kementerian Lingkungan Hidup. (2012). Panduan adiwiyata. Sekolah peduli dan berbudaya lingkungan 2012. Jakarta. Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter:Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Ujungberung. Mustari, Mohamad. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Rosandrani. (2016). Lingkungan kita Rusak Lebih Cepat dibanding Waktu Pulih. Diakses tanggal 20 April 2017 dari http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/06/lingkungan-kita-rusak-lebih-cepatdibanding-waktu-pulih. Suparno, Paul. (2015). Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: PT Kanisius. Wuryandani, dkk. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, Th. XXXIII, No. 2 Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-70471-2-9 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9138 | |
dc.description.abstract | Artikel ini adalah artikel mengenai pemaparan hasil dari pengabdian kepada masyarakat. Adapun
tujuan dari pengabdian kepada masyarakat adalah untuk memberikan pembekalan pada guru-guru
SD di Kecamatan Piyungan untuk dapat mendidik, membimbing, dan mengarahkan generasi muda
Indonesia agar peduli terhadap lingkungan. Pelaksanaan kegiatan berupa pemberian materi yang
dilaksanakan selama 2 hari dan berupa pendampingan dimana para guru mempraktikkan membuat
rancangan pembelajaran yang berkarakter peduli lingkungan dalam mewujudkan sekolah
adiwiyata dan pendampingan sekolah menuju sekolah adiwiyata. Metode yang digunakan dalam
analisis ini adalah metode deskriptif. Hasil analisis dari kajian ini adalah (1)Sebagian besar guru
telah memahami materi yang disampaikan pada hari pertama, (2) Sebanyak 20 guru sekolah dasar
di kecamatan piyungan mampu membuat rancangan pembelajaran yang berbasis karakter peduli
lingkungan, (3) pelaksanaan action plan dapat berjalan dengan baik dan lancar. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS | in_ID |
dc.subject | pengabdian masyarakat | in_ID |
dc.subject | karakter peduli lingkungan | in_ID |
dc.subject | sekolah adiwiyata | in_ID |
dc.title | Analisis Pelatihan Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Untuk Mewujudkan Sekolah Adiwiyata Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Piyungan | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |