• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Bagi Calon Guru Sekolah Dasar Berpendekatan Local Wisdom

    Thumbnail
    View/Open
    42.pdf (165.7Kb)
    Date
    2017-05-13
    Author
    Suyatno, S
    Martaningsih, Sri Tutur
    Riyanto, Sugeng
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    UU Sisdiknas no 20 tahun 2013 pasal 36, yakni kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan jenjang satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Selain itu, pada pasal 37 dijelaskan kembali kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat bahasa, seni budaya, muatan lokal, dan pendidikan agama. Berkaitan dengan adanya potensi masing-masing daerah memiliki cerita-cerita rakyat dan nilai-nilai kearifan lokal atau local wisdom perlu dikembangkan dalam bentuk materi ajar, modul, dan buku ajar. Buku ajar bahasa Indonesia bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kearifan lokal sebagai amanat dari UU Sisdiknas No 20 tahun 2003,yang termaktub pada pasal 33 mengemukakan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara menjadi bahasa pengantar dalam pendidikan nasional, sedangkan bahasa daerah dapat digunakan sebagai bahasa pengantar dalam tahap awal pendidikan apabila diperlukan dalam penyampaian pengetahuan dan / atau keterampilan tertentu. Berpijak dari hal itulah perlu adanya penyelarasan cerita-cerita atau nilai kearifan lokal yang masih sebagian berbahasa daerah dapat dijelaskan dalam bahasa Indonesia agar mudah dipahami oleh peserta didik secara baik. Metode yang sesuai dengan penelitian dan pengembangan buku ajar lebih mengarah pada Research dan Development. Hal itu disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai, sedangkan model penelitian pengembangan yang dipilih adalah model penelitian dan pengembangan Sugiyono dengan tahapan, menentukan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, dan produksi masalah apabila memungkinkan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9142
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV