Browsing Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1 by Title
Now showing items 114-133 of 163
-
Pengembangan Blended Learning di Pendidikan Biologi FKIP UMS: Prospek dan Tantangannya
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Keterampilan abad-21 merupakan keterampilan yang dibutuhkan oleh manusia untuk dapat hidup layak di abad-21. Salah satu keterampilan abad-21 adalah penguasaan Teknologi Info-masi dan Komunikasi (TIK). Implikasi strategis ... -
Pengembangan dan Implementasi Program Perkuliahan Vertebrata Berbasis Learning Object dengan Sistem E- Learning di Program Studi Pendidikan Biologi FITK UIN Jakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya kenyataan bahwa di dunia pendidikan, TIK telah menjadi bagian dari perubahan secara radikal moda-moda penyampaian informasi termasuk dalam bidang pendidikan. Oleh ... -
Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Banyaknya gedung, pertokoan, dan perumahan yang berdiri ditengah kota akan berdampak pada berkurangnya lahan atau pekarangan rumah. Hal ini akan berdampak pada ketahanan pangan, ketersediaan lahan hijau dan jumlah ... -
Pengembangan Kompetensi Guru Biologi Dalam Menunjang Peningkatan Profesionalitas Secara Berkelanjutan Berbasis Laboratorium
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21) -
Pengembangan Media Pembelajaran Modul Program Kawasan Rumah Pangan Lestari untuk Siswa Kelas IV SD
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Ketersediaan dan kebutuhan bahan pangan merupakan dua hal penting yang sangat berhubungan. Banyaknya jumlah bahan pangan yang dibutuhkan tidak seimbang dengan jumlah bahan pangan yang tersedia. Hal ini disebabkan oleh ... -
Pengembangan Model Refleksi Pada Lesson Study Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA di Sekolah
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model refleksi pada lesson study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif. Uji coba dilakukan enam kali di dua sekolah ... -
Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri dan PjBL Berbahan Ajar Potensi Lokal Materi Fungi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013 mengamanatkan dalam pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstul dan saintifik. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di SMAN 1 Suralaga Lombok Timur, diperoleh proses ... -
Pengembangan Modul Evolusi Primata Berbasis Hasil Penelitian
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Matakuliah evolusi merupakan salah satu matakuliah yang diajarkan pada program studi Pendidikan Biologi Universitas Mulawarman dimana tujuan dari matakuliah ini adalah untuk memberi pemahaman kepada mahasiswa mengenai ... -
Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Penambangan Batubara di Formasi Tanjung, Cekungan Barito, Kalimantan Selatan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Indonesia merupakan salah satu negara penting penghasil batubara di dunia dengan potensi cadangan terbesar. Salah satu daerah penghasil batubara yang cukup besar di Indonesia adalah Formasi Tanjung, Cekungan Barito, ... -
Pengembangan Modul Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Berbantuan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Siswa SMP Kota Malang
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Bahan ajar memiliki peran sangat penting bagi guru, siswa, serta pada kegiatan pembelajaran. Salah satu jenis bahan ajar yang dapat digunakan untuk memudahkan siswa dalam belajar adalah modul. Modul merupakan salah satu ... -
Pengembangan Modul Sebagai Solusi Mengoptimalkan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari, Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan, dan Keterampilan Memecahkan Masalah Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki hasil pertanian yang melimpah. Pada tahun2014 produksi gabah kering di Indonesia sebanyak 70,83 juta ton, jagung 19,03 juta ton, kedelai953,96 ribu ton, cabai 1,03 juta ton ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Animalia Menggunakan Identification Cue Card Dalam Kaitannya Dengan Kemampuan Retensi dan Keterampilan Komunikasi Siswa SMA (Studi Pendahuluan)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Penelitian pengembangan (Reasearch & Development) ini bertujuan untuk melakukan pengembangan lebih lanjut dalam menyusun perangkat pembelajaran biologi melalui pemanfaatan media ICCA (Identification Cue Card of Animalia) ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi melalui Pendekatan Kontekstual dengan Strategi Problem Based Learning di SMA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Hasil observasi terhadap guru biologi SMA di kota Malang menemukan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh kebanyakan guru dan belum mendapatkan solusi yang sesuai. Permasalahan tersebut adalah 1) guru belum sepenuhnya ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Sains Teknologi Masyarakat untuk Meningkatkan Hasil
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran pencemaran lingkungan berpendekatan saintifik dengan model sains teknologi masyarakat (STM) untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat ... -
Pengembangan Two-Tier Multiple Choice Question Disertai Teknik Cri (Certainty of Response Index) sebagai Instrumen Diagnostik Miskonsepsi Materi Genetika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Konsep adalah sebuah abstraksi dari ciri-ciri yang mempermudah komunikasi manusia dan memungkinkan manusia untuk berpikir. Pemahaman konsep oleh siswa (konsepsi) adalah hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, ... -
Penggunaan Khitosan Endoskeleton Sotong Sebagai Pembungkus Lempuk Durian Untuk Memperpanjang Masa Konsumsi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan lapisan/pembungkus yang dimodifikasi dengan khitosan tulang dalam sotong pada lempuk durian dalam rangka memperpanjang masa konsumsi dan mempertahankan rasa, aroma, dan ... -
Penggunaan Peta Pikiran (Mind Mapping) Sebagai Instrumen Penilaian Kreativitas Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Matakuliah Metodologi Penelitian Berbasis Lesson Study
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Kehidupan masa depan menuntut peserta didik untuk menguasai berbagai keterampilan hidup abad 21 salah satunya adalah keterampilan berpikir kreatif. Keterampilan tersebut dibutuhkan untuk menghadapi berbagai masalah ... -
Penguasaan Konsep Biologi Berbasis Konsep Fisika Menggunakan Pembelajaran Tematik dengan Model Problem Based Learning
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Penguasaan konsep Biologi masih banyak bergantung pada materi Biologi saja, padahal banyak disiplin ilmu lain yang dapat mendukung penguasaan konsep Biologi. Fisika merupakan salah satu ilmu yang dapat menjelaskan ... -
Pengukuran Kemampuan Kreatif Siswa Kelas X SMAN 1 Jatinangor Dalam Praktek Pembuatan Tempe Pada Konsep Materi Jamur
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Penelitian ini bertitik tolak dari permasalahan sejauh mana kemampuan kreatif siswa dapat diukur melalui praktek pembuatan tempe. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali kemampuan kreatif siswa dalam kegiatan praktikum ... -
Peningkatan Motivasi Belajar Fisika dengan Metode Hypnoteaching pada Siswa SMA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Kurikulum 2013 menuntut proses pembelajaran Student Center Learning (SCL) termasuk pada pembelajaran fisika. Pembelajaran berbasis SCL menuntut partisipasi aktif dari siswa yang dipengaruhi oleh tinggi rendahnya motivasi ...