Analisis Kualitas Soal Ujian Akhir Semester Matematika Berdasarkan Teori Respon Butir
Abstract
Studi ini bertujuan untuk melihat kualitas tes ujian akhir semester
(UAS) matematika berdasarkan teori respon butir. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah respon siswa dalam tes bentuk pilihan ganda UAS I matematika kelas VII
SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015.
Untuk melihat kualitas soal UAS I matematika berdasarkan teori respon butir
dilakukan dengan bantuan program BILOG. Pada penelitian ini analisis kualitas
soal berdasarkan teori respon butir menggunakan model dua parameter logistik
(2-PL) yakni parameter daya beda (a) dan parameter tingkat kesukaran (b). Hasil
analisis kualitas soal menggunakan program BILOG menunjukan bahwa dari 30
butir yang dianalisis dengan teori respon butir model dua parameter logistik
terdapat 13 butir (43,33%) yang termasuk dalam kategori butir yang baik,
sedangkan 15 butir (50%) yang termasuk kategori yang tidak baik dan 2 butir
(6,67%) yang secara otomatis gugur saat proses analisis sehingga tergolong
kedalam kategori butir yang tidak baik.