Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Recent submissions
Now showing items 81-100 of 156
-
Pendidikan Dasar: Antara Harapan dan Kenyataan
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Kualitas pendidikan memepengaruhi kualitas sumber daya manusia. Upaya peningkatan pendidikan selalu menjadi perhatian serius di berbagai negara, tidak terkecuali negara Indonesia. Indonesia mempunyai pekerjaan rumah ... -
Penerapan Strategi Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA SD Negeri Banyubiru 1 Ngawi Tahun Ajaran 2013/2014
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-03)Abstrak Penelitian ini bertunjuan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui penerapan strategi embelajaran Inside Outside Circle (IOC) kelas V mata pelajaran IPA SD Negeri Banyubiru 1 )l"gawi tabun ajaran ... -
Membangun Kemandirian Belajar Melalui Strategi Metakognitif Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Rendahnya kegigihan siswa dalam belajar, baik belajar tentang konsep maupun prosedur atau algoritmik bahkan menemukan solusi dari suatu masalah, menunjukkan bahwa siswa tidak memiliki kemandirian, khususnya kemandirian ... -
Pemanfaatan Website PGSD untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Mengikuti Kegiatan Program Studi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Salah satu bagian dari IPTEK adalah internet, website menjadi jendela awal dalam memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa, yang mana dalam konteks ini mahasiswa PGSD. Informasi - informasi seputar perkuliahan dan kegiatan ... -
Optimalisasi Apersepsi Pembelajaran Melalui Folklor sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Pemanfaatan folklor sebagai bahan apesepsi menjadi alternatif guru dalam memulai proses pembelajaran. Pembiasan suatu cerita dan tradisi yang turun-temurun inilah yang menjadikan folklor dapat digunakan sebagai bahan ... -
Bermain dan Bersenam Si Buyung untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar dan Penguatan Karakter Anak-Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Salah satu pendekatan dalam kegiatan belajar di Taman- Kanak-Kanak (TK) dan di kelas rendah (SD) adalah belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar. Ciri-ciri dunia anak usia sekolah kelas rendah antara 6-8 tahun ... -
Bimbingan dan Konseling dalam Konteks Pendidikan Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Perubahan zaman yang semakin dinamis harus didukung unsur hardskil dan softskil. Fungsi softskill harus direvitalisasikan seiring dengan pengembangan hardskill siswa yang semakin pesat, revitalisasi dapat dilakukan dengan ... -
Implementasi Pembelajaran Inovatif dan Kreativitas Guru dalam Pendidikan Profetik di SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun 2014
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran inovatif dan kreatifitas guru dalam pendidikan profetikdi SDIT Nur Hidayah Surakarta dengan menggunakan pengamatan, wawancara dan melihat dan menganalisis ... -
Fenomena Bullying di SD Negeri 3 Manggung Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Penyebab kekerasan anak di sekolah kebanyakan datang dari teman sebaya atau kakak tingkat yang melakukan intimidasi terhadap pihak yang lebih lemah. Bullying merupakan salah satu bentuk kekerasan yang Kita tidak sadari ... -
Hubungan Organisasi dengan Mahasiswa dalam Menciptakan Leadership
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Penelitian ini dilakukan oleh mahasiswa PGSD yang bertujuan untuk mengetahui peranan UKM Ekspo terhadap minat berorganisasi Mahasiswa Pendidikan Guru sekolah Dasar UMS tahun 2014. Penelitian ini menggunakan teknik ... -
Integralistik Bimbingan Konseling dalam Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Fakta di sekolah dasar, kegiatan Bimbingan Konseling tidak diberikan oleh Guru Pembimbing secara khusus seperti di jenjang pendidikan SMP dan SMA. Guru kelas harus menjalankan tugasnya secara menyeluruh, baik tugas ... -
Implementasi Layanan Bimbingan Konseling di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)SD Muhammadiyah Program Khusus merupakan satu dari sekian banyak SD Muhammadiyah yang berada di kota Surakarta. Hadir dan berkembang diharapkan memberi wacana untuk alternatif layanan bimbingan konseling bagi warna ... -
Bimbingan Belajar untuk Anak Berkebutuhan Khusus
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Anak berkebutuhan khusus merupakananak-anak yang memiliki keunikan tersendiri dalam jenis dan karakteristiknya.Sebagai seorang guru selain mengajar juga membimbing anak berkebutuhan khusus dalam hal belajarnya sehingga ... -
Kontribusi Konseling Islam dalam Kasus Sosial Perkembangan Sains dan Teknologi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Perkembangan sains dan teknologi yang begitu pesat sangat dimungkinkan mempengaruhi psikologi manusia. Historisitas sains yang sangat mengandalkan kekuatan akal manusia mengakibatkan manusia berlomba dalam mencari sesuatu ... -
Membangun Karakter Siswa Pendidikan Dasar Muhammadiyah Melalui Identifikasi Faktor Penghambat pelaKsanaan Pendidikan Karakter di Sekolah
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalahuntuk mendeskripsikan faktor penghambat pelaksanaan pendidikan karakter yang sudah diterapkan di SDM BaturanKaranganyar.Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif ... -
Analisis Penanaman Pendidikan Karakter 4 Sifat Nabi “SAFT” pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 “Indahnya Kebersamaan” Kurikulum 2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter 4 Sifat Nabi “SAFT” tertera dalam buku siswa kelas 4 tema 1 “Indahnya Kebersamaan”. Jenis penelitian: penelitian Kualitatif,peneliti menganalisis,apakah dalam buku siswa ... -
Pengelolaan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan: 1) pengelolaan pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta, 2) petugas yang mengelola pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul ... -
Peranan Guru dalam Mengidentifikasi Masalah Peserta Didik di Sekolah Dasar dan Bentuk Bimbingannya
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Sekolah Dasar (SD) merupakan tempat memberikan dasar ilmu pengetahuan, untuk memperoleh pendidikan selanjutnya. SD sebagai landasan (fundamentals) untuk mengembangkan potensi dasar sebagai titik awal untuk menuju pendidikan ... -
Pengaruh Reward and Punishment terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 3 Pandean Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh reward terhadap kedisiplinan siswa kelas tinggi SD Negeri 3 Pandean Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015, 2) mengetahui pengaruh punishment ... -
Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Lembaga pendidikan formal yang terdiri atas jenjang Pendidikan Dasar (SD dan SMP), Sekolah Menengah Atas baik umum maupun kejuruan dan Perguruan Tinggi bertujuan untuk menghasilkan individu mencapai perkembangan optimal ...