Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Recent submissions
Now showing items 61-80 of 156
-
Pengaruh Strategi MURRDERR, Minat Penjurusan, dan Kemampuan Dasar Matematis Terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Dan Disposisi Kreatif Matematis Mahasiswa PGSD
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Creative thinking ability and disposition (CTAD) dituntut dalam aktivitas belajar matematika dalam penguatan program belajar guru sekolah dasar (PGSD). Untuk itu, pemilihan pendekatan dan strategi yang tepat akan membuat ... -
Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Metode Field Trip Pada Siswa Kelas IV A SDN Tambakaji 04 Kota Semarang
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Fakta pembelajaran di kelas IV-A SD Tambakaji 04: proses pembelajaran mengarang, dimulainguru memerintahkan siswa mengarang dengan topik dari guru dan menggunakan ru- ang kelas sebagai tempat belajar. Produk siswa sedikit, ... -
Pembelajaran Tematik SD Bermuatan IPS Dengan Media Gambar Sederhana
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Ranah pembelajaran tematik bermuatan IPS menggunakan pendekatan sosial yang menghubungkan satu fenomena sosial dengan fenomena sosial yang lainnya. Siswa dalam proses pembelajaran diajak memandang, memecahkan dan mengambil ... -
Pengembangan Model Mind Mapping Berbantuan Gambar Untuk Meningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Di Kota Semarang
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan penelitian ini untuk (1) menghasilkan model pembelajaran mind mapping berbantuan gambar, yang efektif mampu meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa SD kelas V (2)menguji tingkat keefektifan ... -
Praktik Belajar yang Baik Melalui Manajemen Kurikulum Sekolah Alam
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan kurikulum dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah alam. Metode yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan ... -
Pembelajaran Menggambar Ilustrasi Dengan Media Video Animasi Untuk Mengembangkan Kompetensi Guru SD Muhammadiyah Se-Kecamatan Tempel Yogyakarta
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan penelitiannya adalah (1)untuk mengetahui dan mendeskripsikan cara mengembangkan dan meningkatkan kompetensi guru-guru Sekolah Dasar Muhammadiyah terkait kemampuan menggambar ilustrasi hewan (2) untuk mengetahui ... -
Nilai Kepahlawanan Dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar Studi Konseptual
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Pendidikan dasar mempunyai peranan penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia baik di bidang intelektual, emosional, sosial, maupun spiritual. Perencanaan pembelajaran yang baik pada mata pelajaran ... -
Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA mulai berlaku pada 1 Januari 2016. Salah satu komponen penting bagi Indonesia untuk menghadapi MEA adalah jumlah wirausahawan dalam negeri, karena wirausahawan memiliki peranan besar ... -
Analisis Penerapan Pembelajaran Berbasis Lesson Study Dalam Melatihkan Keterampilan Pedagogik Calon Guru SD Pada Matakuliah Pengembangan Pembelajaran IPA SD
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan Pembelajaran berbasis Lesson Study dalam melatihkan keterampilan pedagogik calon guru SD pada matakuliah Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Penelitian ini menggunakan ... -
Kualitas Pembelajaran Sekolah Dasar Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) belakangan ini mengusik masyarakat. MEA diyakini sebagai era di mana orang “bebas-sebebasnya” berbisnis tanpa aturan dan etika. Siapa yang kuat dia yang menang, siapa yang punya modal ia ... -
Pendekatan Placed-Based Education Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Optimalisasi Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Tingkat Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Berdasarkan karakteristik pendekatan ilmiah, kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang sangat dekat dengan pengajaran sains. Kegiatan dalam pendekatan berupa kegiatan mengamati, bertanya, mengelompokkan, memperkirakan, ... -
Pengaruh Model Asesmen Terhadap Higher Order Thinking Skill dan Keterampilan Proses Sains Yang Dikontrol Oleh Past Performance
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan rerata higher order thinking skill dan keterampilan proses sains pada kelompok asesmen terintegrasi dan konvensional yang ditinjau dari past performance, serta untuk ... -
Meningkatkan Kemampuan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional Dengan Metode Solfegio Di Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyanyikan lagu wajib nasional siswa SDN 111.I Muarabulian menggunakan Solfegio. Penelitian ini menggunakan metode PTK kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan ... -
Perspektif Calon Guru Terhadap Konsep Guru Profesional
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Artikel ini memaparkan hasil penelitian tentang perspektif calon guru terhadap konsep guru yang profesional. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi jenis kompetensi yang paling dominan yang harus dimiliki oleh seorang ... -
Kemampuan Calon Guru Dalam Mengembangkan Pra Pedagogical And Professional – Experience Repertoires (PaP-eRs) Sebagai Pendukung Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Sesuai Karakteristik Pedagogical Content Knowledge (PCK)
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)This study aims to determine the ability of pre-service teachers’ in developing pre PaP-eRs as a support in implementing learning according to the characteristics of PCK. Pre PaP-eRs is a narrative description of pre-service ... -
Bias Penulisan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Pelajaran Agama Islam Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)This study is aimed to identify the form of character values in the textbook of Islamic Religion Education for primary school and the correspondence with character values formulated by Center of Curriculum of Ministry ... -
Pendidikan Karakter Di Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar Melalui Model Group Investigation
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Character education is one important concern in human development from an early age through formal education. The current state of society requires the development and strengthening of a strong character to improving the ... -
Penguatan Kompetensi Calon Guru Melalui Program Magang Pada Mahasiswa PGSD FKIP UMS
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana program magang dapat menguatkan kompetensi calon guru SD yang terdiri dari 1) Kompetensi Paedagogik, 2) Kompetensi Profesional, 3) Kompetensi Sosial, dan 4) Kompetensi ... -
Model Pembelajaran Berbasis Manajemen Program Kerja Ilmiah Sebagai Salah Satu Solusi Pembelajaran Terbarukan Abad 21
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Penelitian ini membahas mengenai desain terhadap program kelas Sekolah Dasar yang mengedepankan aspek pembelajaran bermakna dan berpusat pada siswa, sesuai dengan yang diamanatkan dalam kurikulum 2013. Metode yang digunakan ... -
Pengembangan Materi Ajar dan Model Pembelajaran Berorientasi dan Berstrategi Tindak Kesantunan Direktif dan Positif
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Studi ini bertujuan untuk merumuskan pengembangan materi ajar dan model pembelajaran yang berorientasi dan berstrategi pada tindak kesantunan direktif (TKD) dan tindak kesantunan positif. Metode penelitian ini berbentuk ...