FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMILIH BANK SYARIAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
perilaku konsumen dalam memilih Bank Syariah “X” di Surakarta. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh konsumen pada Bank Syariah “X” di Surakarta,
sedangkan sampel penelitian adalah 60 orang nasabah dan menggunakan teknik
convenience sampling. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis faktor.
Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis faktor diketahui bahwa
faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam memilih Bank
Syariah “X” di Surakarta adalah Faktor Internal, yang terdiri dari : keamanan dan
kenyamanan, relasi, fitur atau produk, syariah dan promosi. Sedangkan Faktor
Eksternal terdiri dari : personal, psikologi, sosial, dan kultural. Diharapkan
perusahaan agar lebih memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan serta faktor
personal guna mampu meningkatkan kepuasan nasabah, sehingga dapat dijadikan
acuan dalam implikasi manajerial perusahaan.