Volume 02 No. 1, Maret 2006
Browse by
Recent Submissions
-
KAJIAN PROTEKSI GERUSAN DI HILIR KOLAM OLAKAN BENDUNG TIPE USBR-II
(lppmums, 2006-03)In the downstream of a weir, especially in stilling basin, there is a phenomenon called hydraulic jump caused by flow change from supercritical flow to sub critical flow. The hydraulic jump in weir stilling basin causes ... -
ANALISIS LALULINTAS PERTEMUAN JALAN RAYA DENGAN LINTASAN KERETA API LEDOK SARI DI SURAKARTA
(lppmums, 2006-03)Lintasan Ledok sari merupakan lintasan pada jalan utama di kota Surakarta. Jalan yang lalulintasnya sangat padat tersebut sering terjadi kemacetan pada waktu ada kereta api yang melintas, karena jalan tersebut ada ... -
ANALISIS PERBANDINGAN KEBUTUHAN BAHAN (BIAYA) TULANGAN SENGKANG KONVENSIONAL DAN SENGKANG ALTERNATIF PADA BALOK BETON BERTULANG BANGUNAN GEDUNG 2 LANTAI
(lppmums, 2006-03)Penulangan geser pada balok beton bertulang dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu : pemasangan sengkang (begel) baik sengkang vertikal atau sengkang miring, pemasangan tulangan miring dari tulangan memanjang yang ... -
TINJAUAN PENAMBAHAN MICROSILICA DAN FLY ASH TERHADAP KUAT TEKAN BETON MUTU TINGGI
(lppmums, 2006-03)Kerusakan beton lebih banyak disebabkan oleh kerusakan pasta semen, dan jarang diakibatkan oleh kehancuran agregat, maka untuk meningkatkan kekuatan beton dapat dilakukan dengan cara memperbaiki kekuatan pasta semen. Ada ... -
PENGAMATAN RESPON STRAIN LAPIS PERKERASAN MATERIAL CAMPURAN DINGIN BUSA ASPAL DAN SEMEN
(lppmums, 2006-03)Lapis perkerasan jalan dapat dibangun dengan sistim konstruksi campuran panas (hot mix) atau campuran dingin (cold mix). Pada umumnya, material campuran dingin mempunyai stiffness modulus lebih rendah dibanding ... -
PENGARUH GRADASI AGREGAT TERHADAP WORKABILITAS CAMPURAN ASPAL PANAS
(lppmums, 2006-03)Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji workabilitas Asphalt Concrete (AC), Hot Rolled Sheet (HRS) dan Asphalt Treated Based (ATB) dengan menggunakan alat Marshall dengan 5 (lima) macam jenis gradasi campuran agregat. ...