PERBEDAAN PERSEPSI TERHADAP PROFESIONALISME MENGAJAR PADA GURU SMA NEGERI DAN GURU SMA SWASTA
Abstract
Profesionalisme mengajar pada guru adalah kemampuan guru untuk inspirat,
kreatif, dan inovatif. Kreativitas merupakan poin yang penting untuk menjadi guru
yang mempunyai profesionalisme tinggi. Sekolah negeri memiliki citra lembaga
yang lebih baik dibandingkan dengan sekolah swasta, sehingga menimbulkan
kecenderungan inferioritas sekolah swasta. Sehingga sering dijumpai guru
sekolah swasta mempunyai persepsi lebih rendah terhadap profesionalisme
mengajar dibandingkan dengan guru sekolah negeri. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui perbedaan persepsi terhadap profesionalisme mengajar pada
guru SMA Negeri dan guru SMA Swasta. Hipotesis yang diajukan adalah ada
perbedaan persepsi terhadap profesionalisme mengajar pada guru SMA Negeri
dan guru SMA Swasta. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 subyek dan
metode pengambilan data penelitian menggunakan metode skala yaitu skala
persepsi terhadap profesionalisme mengajar. Data dalam penelitian ini dianalisis
dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai uji-t antar kelompok,
untuk variabel persepsi terhadap profesionalisme mengajar adalah = 3,693, p =
0,001 (p < 0,01). Hasil ini menunjukkan diterimanya hipotesis bahwa ada
perbedaa persepsi terhadap profesionalisme mengajar yang sangat signifikan
antara guru SMA Swasta dengan guru SMA Negeri, yaitu guru SMA Negeri
memiliki persepsi terhadap profesionalisme mengajar yang lebih tinggi
dibandingkan guru SMA Swasta.