KONSEP PERANCANGAN LABORATORIUM TUMBUH KEMBANG ANAK
View/ Open
Date
2011-05-28Author
Febela, Alpha
Mutiari, Dhani
Yoga, Kharisna
Metadata
Show full item recordAbstract
Anak-anak di usia dini merupakan embrio generasi penerus bagi
perjuangan bangsa di masa mendatang. Pendidikan merupakan salah
satu yang ditekankan untuk dipikirkan secara lebih baik bagi mereka.
Selain kurikulum dan proses pembelajaran yang berbasis Multiple
Intelligence dan Holistic Integrative diperlukan juga suatu wadah yang
mampu mengembangkan kedua basis tersebut. Dari latar belakang
diatas maka permasalahannya adalah bagaimanakah konsep
perancangan bagi wadah pendidikan anak-anak di usia dini. Anak-anak
di usia dini membutuhkan wadah yang memiliki nilai keamanan yang
tinggi. Standart-standart tentang nilai keamanan ini merupakan pustaka
utama yang akan digunakan. Selain itu juga literature tentang bentukbentuk
yang mampu mengembangkan kreativitas , keaktifan anak,
kearifan lokal dan ramah lingkungan serta nilai-nilai keislaman sebagai
dasar pengenalan anak terhadap basic knowledge. Metode yang
digunakan di dalam proses pembuatan konsep perancangannya adalah
dengan studi literature dan studi banding ke tempat pendidikan anak di
usia dini. Dari hasil studi itu kemudian dibuat program ruang dan karakter
bangunannya. Konsep ruang bangunan ini adalah adanya pemisahan
antara publick space dengan area untuk anak-anak, tetapi
memungkinkan pengawasan tinggi tanpa membatasi gerak anak. Unsur
ramah lingkungan diaplikasikan dalam ruang yang memanfaatkan cahaya
dan penghawaan alami serta taman di setiap sudut bangunan termasuk
green roof. Kearifan lokal diaplikasikan di dalam bentuk atap tradisional
yang dimodifikasi sehingga tidak mengurangi kreatifitas anak.Pengenalan
nilai-nilai Islami tidak terjebak dalam simbol-simbol umum tetapi lebih
pada keindahan dan harmonisasi perulangan bentuk-bentuk geometri.