dc.contributor.author | Tarmidi | |
dc.contributor.author | Danta Jaya Ginting, Eka | |
dc.date.accessioned | 2012-06-06T07:38:25Z | |
dc.date.available | 2012-06-06T07:38:25Z | |
dc.date.issued | 2011-05-28 | |
dc.identifier.citation | Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 232/U/2000 dan Nomor 045/U/2002 Klaus, P. 2007. The hard truth about soft skills. New York: Harper Collins Publisher. Lulusan ITS perlu Soft Skill dalam Dunia Kerja. http://ww.its.ac.id/berita.php?nomer=117. Diakses tanggal 5 Maret 2009 Marisi, Abdul Kamil. (2007). Efektifitas Model Pengukuran Kreativitas dalam Pembelajaran Hemisphere Kanan untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V dalam Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Tesis. Yogyakarta: Pascasarjana UNY McGahern, R. 2009. Post graduates use soft skills to succeed at work. http://www.trainingjournal.com/news/2009-02-20-post-graduates-use-soft-skills-to-succeed-atwork/. Diakses tanggal 3 Maret 2009 Nasution, Hakim. 2007. seminar Soft skill 'Kunci Menuju sukses’. Surabaya. ITS Online. Diakses tanggal 16 April 2008. National Association of Colleges and Employers, USA, 2002 O’Brien, PS. 1997. Making College Count: A real World Look at How to succeed In and After College. USA: Graphic Management Corp. Rakerwil Pimpinan PTS. 2006. Pengembangan Soft skills di Perguruan tinggi. Makalah persentasi dalam Rapat Kerja Wilayah Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tahun 2006 Sailah, I., (2008). Pengembangan Soft skills di Perguruan Tinggi. Tim Kerja Pengembangan Soft skills Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi : Jakarta Simpson, Simon J.A. 2006. The Measurement and Recognition of Soft Skills : Developing a Common Standard?. http:// www.surrey.ac.uk/politics/cse/M-and-R of Soft Skills. pdf. Diakses tanggal 16 Juli 2009. Suwarti, E., Harlina, I. 2006. Pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi di perguruan tinggi. Themis. Vol. 1 Nomor 1. Diakses dari repository.univpancasila.ac.id/index.php?option=com_docman... diakses tanggal 6 April 2009. Tripathy. (2006). When Going Gets Tought, The Soft Get Going. [On-line] http://www.selfgrowth.com/articles/Tripathy1.html Diakses pada tanggal 10 Agustus 2009. | en_US |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/1528 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan Kurikulum
Berbasis Kompetensi (KBK) terhadap soft skills mahasiswa. Soft skills
merupakan kemampuan nonteknis yang tidak terlihat wujudnya
(intangible) namun sangat diperlukan, Patrick S. O'Brien (1997) dalam
bukunya Making College Count, soft skill dapat dikategorikan ke dalam 7
area yang disebut Winning Characteristics, yaitu, communication skills,
organizational skills, leadership, logic, effort, group skills, dan ethics.
Dalam kaitannya dengan KBK, yang lebih menitikberatkan pada proses
belajar yang student centered, pengembangan soft skills dapat dilakukan
melalui implementasi kurikulum, dan menjadi hidden curriculum. Hidden
curriculum disini bisa terlihat dari berbabagi metode belajar dalam
penerapan KBK. Softkills yang terbentuk melalui pendidikan berbasis
kompetensi diharapkan bisa membentuk karakter mahasiswa untuk siap
menghadapi kehidupan setelah perkualiahan. Penelitian ini merupakan
penelitian ini dilakukan di Universitas Sumatera Utara dengan
membandingkan soft skills mahasiswa pada fakultas yang menerapkan
KBK dengan fakultas yang belum menerapkan KBK. Soft skills
mahasiswa diukur dengan Skala Soft skills yang disusun peneliti
berdasarkan 7 area winning caharacteristic yang diajukan O’Brien (1997).
Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa tidak ada pengaruh yang
signifikan dari penerapan KBK terhadap soft skills mahasiswa (F=2.578,
p=0.109 (p>0.05)). Namun jika dilihat perdimensi pada tujuh area,
terdapat perbedaan yang signifikan antara fakultas yang menerapkan
KBK dengan yang belum menerapkan KBK. Perbedaan tersebut terlihat
pada kemampuan komunikasi, berpikir logis, daya juang (effort) , dimana
mahasiswa yang fakultasnya menerapkan KBK soft skillsnya lebih tinggi
pada ketiga area tersebut. | en_US |
dc.publisher | lppmums | en_US |
dc.subject | soft skills | en_US |
dc.subject | kurikulum berbasis kompetensi | en_US |
dc.title | PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) TERHADAP SOFT SKILLS MAHASISWA | en_US |
dc.type | Article | en_US |