Pengaruh Faktor Psikologis Dan Kontekstual Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa
Abstract
Dalam upaya mendukung tujuan pemerintah Indonesia untuk memiliki wirausaha sebanyak
2 % dari total penduduk Indonesia, penelitian tentang bagaimana intensi berwirausaha
dapat terbentuk dalam diri seseorang penting dilakukan sebagai salah satu upaya
mempersiapkan wirausaha-wirausaha tangguh di masa mendatang. Penelitian ini
bertujuan untuk membuktikan pengaruh faktor-faktor psikologis dan kontekstual dalam
membentuk intensi berwirausaha pada seseorang. Intensi berwirausaha telah banyak
diteliti dan terbukti mampu menjadi indikator yang akurat atas perilaku berwirausaha di
masa mendatang. Faktor psikologis yang diteliti terdiri atas self-determination, risk
bearing ability, serta belief and attitude. Sementara itu faktor kontekstual terdiri atas
academic support, social support, dan environmental support. Sampel penelitian ini terdiri
atas 100 mahasiswa di sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa seluruh faktor psikologis dan kontekstual mempengaruhi intensi
berwirausaha pada mahasiswa secara signifikan, kecuali risk bearing ability dan academic
support. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan bagi penyelenggara pendidikan
tinggi dalam mendesain lingkungan yang tepat dalam menumbuhkan intensi berwirausaha
pada mahasiswanya. Selain itu, hasil dari penelitian ini memperkuat penelitian-penelitian
terdahulu, dimana faktor psikologis dan kontekstual memiliki peranan penting dalam
membentuk intensi berwirausaha, terutama dalam konteks mahasiswa di Indonesia.