Promoting A Market Competition: An Islamic Perspective
Abstract
Tujuan dari tulisan ini adalah menganalisis ajaran agama Islam yang mendorong kompetisi pasar. Sanagat penting untuk menganalisis ajaran ini sebab ajaran ini memberikan pendekatan yang berbeda dan lebih bagus daripada pendekatan yang konvensional dalam mendorong kompetisi pasar. Terdapat tiga ajaran Islam dalam memdorong kom- petisi pasar. Pertama adalah memotivasi dan mendorong pedagang untuk selalu bersaing, kedua adalah menolak intervensi harga dan mekanisme pasar yang dilakukan pemerintah dan ketiga adalah melarang semua transaksi yang tidak fair. Semua ajaran itu akan mendorong kompetisi pasar. Pedagang sebagai pelaku utama persaingan benar- benar berniat untuk selalu bersaing secara adil. Mereka berniat seperti itu sebab memang dimotivasi dan didorong untuk melakukan persaingan seperti itu. Persaingan yang terjadi terusmenerus ini akan berdasarkan kompetensi pedagang dalam bersaing sebab mereka tidak dapat mengeksploitasi intervensi pemerintah. Demikian juga, mereka akan bersaing secara adil sebab segala bentuk ketidakadilan di pasar dilarang secara menyeluruh dan secepat mungkin. Ajaran Islam tentang persaingan pasar ini di satu sisi berbeda dan lebih bagus dari pendekatan konvensional dan menunjukkan bahwa pasar yang kompetitif bukanlah pasar yang imaginatif.