Show simple item record

dc.contributor.authorRiyardi, Agung
dc.contributor.authorMardalis, Ahmad
dc.date.accessioned2013-11-13T21:14:01Z
dc.date.available2013-11-13T21:14:01Z
dc.date.issued2013-03-23
dc.identifier.citationl-Habsy, Syed Othman. 2011. “Recent Deve- lopment in Islamic Economic Thought”. International Conference of Islamic Economics Proceeding vol. 2. Surakarta: Economy and Business Faculty of Muhammadiyah of Surakarta University. Alom, Md. Mahabub and Md. Shariful Haque. 2011. “Marketing: An Islamic Perspective”. World Journal of Social Sciences Vol. 1. No. 3. July 2011. 71-81 Ariyanto, Taufik. 2004. “Profil Persaingan Usaha dalam Industri Perbankan Indonesia.” Perbanas Finance & Banking Journal, Vol. 6, No. 2, December 2004; 95–108 Brue, Stanley L. 2000. The Evolution of Economic Though. New York: The Dryden Press Chand, Ramesh. 2009. “The Wheat Market: Distortions Caused by Government Interventions Economic & Political Weekly March 21, 2009 vol xliv no 12. 41- 46 Dost, Suleyman. 2009. The Idea of Free Market in Early Islam. http://atlasnetwork.org/wp- content/uploads/2009/03/suleyman-dost- essay_new.pdf [18 August2012] Hasan, Zulkifli. 2005. “Islamic Perspective on Competition Law and Policy”, International Conference on Law and Commerce Proceeding”. Kuala Lumpur: International Islamic University Malaysia Hassan, Abul. Abdelkader Chachi and Salma Abdul Latiff. “Islamic Marketing Ethics and Its Impact on Customer Satisfaction in the Islamic Banking Industry” JKAU: Islamic Economics, Vol. 21 No. 1, pp: 2746 (2008 A.D./1429 A.H.) Islahi, Abdul Azhim. 1992. “Ibn Taimiyyah‟s Concept of Market Mechanism”. In Reading in Microeconomics: Islamic Perspectives edited by Sayyid Tahir, Aidit Ghazali and Syed Omar Syed Agil. Kuala Lumpur: Longman Malaysia Islahi, Abdul Azim. 1997. Konsep Ekonomi Ibnu Taimiyah. Surabaya: Bina Ilmu Kahf, Monzer. 1992. “Market Structure: Free Co- Operaton”. In Reading in Microeconomics: Islamic Perspectives edited by Sayyid Tahir, Aidit Ghazali and Syed Omar Syed Agil. Kuala Lumpur: Longman Malaysia Karim, Adiwarman. 2002. Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: IIIT Indonesia. Khan, Muhammad Akbar. 2011. “The Role of Islamic State in Consumer Protection”. Pakistan Journal of Islamic Research Vol 8. 33-44 Mc Taggart, Douglas, Christhopher Findlay and Michael Perkin. Economics. Pearson Australia. Munir, Mishbahul. 2009. “Pasar Bebas dan Pembangunan Ekonomi Daerah menurut Syari‟at Islam”. Jurnal Aplikasi Manajemen volume 7 nomor 3. 684 – 689 Prasetyo, P. Eko. 2010. “Struktur dan Kinerja Industri Besi dan Baja Indonesia Tidak Sekuat dan Sekokoh Namanya”. JEJAK, Volume 3, Nomor 1, Maret 2010. 12 – 27 Samad, Abdus. 2003. “Market and Market Structure from Islamic Perspective.” Southwest Review of International Business Research, Vol.14, 62-69. Shiferaw, Admasu. 2009. “Survival of Private Sector Manufacturing Establishments in Africa: The Role of Productivity and Ownership". World Development, Elsevier, vol. 37(3), pages 572-584 Siddiqi, Muhammad Nejatullah. 1992. “Monopoly and Monopoly Competition‟. In Reading in Microeconomics: Islamic Perspectives edited by Sayyid Tahir, Aidit Ghazali and Syed Omar Syed Agil. Kuala Lumpur: Longman Malaysia Soetjitro, Pandu. 2007. Praktik Monopoli di Indonesia Pra dan Pasca Undang-undang Nomor 5 tahun 1999 Tentang Larangan dan PersainganUsaha Tidak Sehat. Semarang: Program Magister Ilmu Hukum Universitas Diponegoro. (Tesis, Tidak dipublikasikan) Solehah, Fitriyah. 2008. Analisis Struktur, Perilaku dan Kinerja Industri Telekomunikasi Seluler Indonesia. Bogor: Departemen Ilmu Ekonomi IPB. (Tesis, Tidak dipublikasikan) Solikhin, Iin. 2005. “Wilayah Hisbah dalam Tinjauan Historis Pemerintahan Islam”. Ibda` Vol. 3 No. 1 Jan-Jun 2005. 33-44 Yu, Tyler T., Miranda M. Zhang and Shao-Zhou Qi. 2005. “Government Intervention and Market Distortion: The Case of The Chinese Stock Market”. Journal of American Academy of Business, Vol.6, Iss. 2. 32- 43en_US
dc.identifier.isbn978‐979‐636‐147‐2
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3822
dc.description.abstractTujuan dari tulisan ini adalah menganalisis ajaran agama Islam yang mendorong kompetisi pasar. Sanagat penting untuk menganalisis ajaran ini sebab ajaran ini memberikan pendekatan yang berbeda dan lebih bagus daripada pendekatan yang konvensional dalam mendorong kompetisi pasar. Terdapat tiga ajaran Islam dalam memdorong kom- petisi pasar. Pertama adalah memotivasi dan mendorong pedagang untuk selalu bersaing, kedua adalah menolak intervensi harga dan mekanisme pasar yang dilakukan pemerintah dan ketiga adalah melarang semua transaksi yang tidak fair. Semua ajaran itu akan mendorong kompetisi pasar. Pedagang sebagai pelaku utama persaingan benar- benar berniat untuk selalu bersaing secara adil. Mereka berniat seperti itu sebab memang dimotivasi dan didorong untuk melakukan persaingan seperti itu. Persaingan yang terjadi terusmenerus ini akan berdasarkan kompetensi pedagang dalam bersaing sebab mereka tidak dapat mengeksploitasi intervensi pemerintah. Demikian juga, mereka akan bersaing secara adil sebab segala bentuk ketidakadilan di pasar dilarang secara menyeluruh dan secepat mungkin. Ajaran Islam tentang persaingan pasar ini di satu sisi berbeda dan lebih bagus dari pendekatan konvensional dan menunjukkan bahwa pasar yang kompetitif bukanlah pasar yang imaginatif.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectAjaran Islamen_US
dc.subjectpasar dan kompetisien_US
dc.titlePromoting A Market Competition: An Islamic Perspectiveen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record