Show simple item record

dc.contributor.authorKristanti, Maria Mia
dc.date.accessioned2013-11-13T22:28:11Z
dc.date.available2013-11-13T22:28:11Z
dc.date.issued2013-03-23
dc.identifier.citationBansal, P. dan K. Roth: (2000). ‘Why Companies Go Green: A Model of Ecological Responsiveness’, Academy of Management Journal, 43(4). Bradford J, dan Fraser E (2008). "Local authorities, climate change and small and medium enterprises: identifying effective policy instruments to reduce energy use and carbon emissions" Corporate Social Responsibility and Environment Management, 15(3). Charter, M., Peattie, Ken., Ottman, Jaqueline., dan Polonsky, Michael J., Christmann, P. (2000). Effects of best practices of environmental management on cost advantage: the role of complementary assets, Academy of Management Journal, 43(4). De Bruijn, T. dan Lulofs, K. (2001). Promoting environmental management in Dutch SMEs: Policy Implementation in Networks. Henriques, I. dan Sadorsky, P. (2007). Environ- mental technical and administrative innovations in the Canadian manufacturing industry. Business Strategy and the Environment, 16. Hitchens, D., Clausen, J., Trainor, M., Keil, M., dan Thankappan, S. (2003). Competitiveness, environmental performance and management of SMEs. Greener Management International, 44. Mir D F, Feitelson E. (2007). Factors affecting environmental behavior in micro-enterprises: xuper ngantuk laundry and motor vehiclerepair firms in Jerusalem, International Small Business Journal 25(4). Naffizger, D.W., Ahmed, N.U., dan Montagno, R.V. (2003). Perceptions of environmental consciousness in the US small business an empirical study. SAM Advanced Management Journal, 68(2). Porter, M. dan C. van der Linde: (1995). ‘Green and Competitive: Ending the Stalemate’, Harvard Business Review 73(5). Simpson, M., Taylor, N., dan Barker, K. (2004). Environmental responsibility in SMEs: Does it deliver competitive advantage. Business Strategy and the Environment, 13, (3). Tilley, F. (2000). Small firms' environmental ethics: How deep do they go? In R. Hillary (Ed), Small and medium sized enterprises and the environment: Business imperatives, Sheffield, UK: Greenleaf. UNEP. (2004). Regional Sustainable Consumption and Production Report: Asia & the Pacific. Report UNEP. (2004). Regional Sustainable Consumption and Production Report: Asia & the Pacific Report. Weerasiri, S., dan Zhengang, Z., (2012). Attitudes and Awareness towards Environmental Management and its Impact on Environmental Management Practices (EMPs) of SMEs in Sri Lanka, Journal of Social and Development Sciences, 3(1), Worthington, I. dan Patton, D. (2005). Strategic intent in the management of the green environment within SMEs. Long Range Planning, 38.en_US
dc.identifier.isbn978‐979‐636‐147‐2
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3835
dc.description.abstractTelah banyak sekali studi dari berbagai negara manapun di dunia ini yang menunjukkan bahwa pelanggan (konsumen, bisnis, ataupun organisasi sector publik), karyawan, dan investor yang cenderung memilih dan menyukai perusahaan-perusahaan yang lebih bertanggungjawab terhadap lingkungannya. Perusahaan-perusahaan seperti ini telah terbukti lebih memiliki keberlanjutan bisnis yang lebih baik daripada perusahaan lainnya. Sensitivitas perusahaan pada konteks sosial, etika, dan lingkungan dimana perusahaan beroperasi, sangat menentukan masa depan bisnis dan tentunya berpengaruh pada legitimasi dan kelangsungan bisnis jangka panjang. Untuk itu perusahaan harus mengintegrasikan berbagai aspek diatas ke dalam pemikiran strategis yang lebih luas, dengan mengadopsikan pendekatan ‘triple bottom line’, daripada hanya sekedar berfokus pada pertumbuhan pangsa pasar, penjualan, dan profitabilitas. Greener marketing di karakteristikkan dengan fokus perusahaan terhadap aspek lingkungan, dan upaya untuk mengurangi kerusakan lingkungan. Sustainable marketing sebagai output dari greener marketing, menjadikan daya saing perusahaan mengalami kemajuan yang terus berlanjut. Konsep ‘triple bottom line’ ini, di capai melalui penciptaan, produksi, dan pemberian sustainable solutions dengan higher net sustainable value, yang di sertai dengan kontinuitas kepuasan pelanggan serta stakeholders lainnya. Paradigma ini mengeksplorasikan esensi hubungan yang saling terkait antara lingkungan, sosial, dan kemajuan ekonomi terhadap kesejahteraan perusahaan. Bisnis skala kecil hingga trans- nasional sekalipun, perlu mengadopsi dan mengembangkan tanggungjawab terhadap keberlanjutan bisnis, baik dalam skala lokal, regional, nasional, maupun internasional. Perusahaan skala kecil dan menengah di seluruh dunia mayoritas memiliki sedikit pengetahuan mengenai manajemen lingkungan, dan kurang memahami konsep manajemen lingkungan. Konsep green masih merupakan konsep yang sangat baru, untuk pemilik maupun pengelola usaha skala kecil menengah. Meskipun telah banyak sekali konferensi, seminar, dan kampanye dengan tema green, namun hal ini menjadi kurang di respon oleh usaha skala tersebut. Konsep green process dan green products di Indonesia masih dalam tahap pertumbuhan. Pemicu maupun pendorong perilaku yang berfokus pada lingkungan masih relatif belum banyak di teliti pada usaha skala kecil menengah (Worthington & Patton, 2005), dan masih perlu di kelola lebih lanjut untuk membantu pemilik dan pengelola usaha skala tersebut meraih keberlanjutan bisnis melalui kesadaran terhadap lingkungan atau green concept (Hitchens et al., 2003). Penelitian ini di tujukan untuk mengidentifikasikan key drivers dari aplikasi manajemen lingkungan untuk usaha skala kecil menengah agar menyadari pentingnya konsep bisnis berbasis lingkungan atau go green. Beberapa key drivers yang di temukan dalam penlitian ini adalah economic benefits, financial incentives, stakeholders demand, peraturan dan perundangan, sumberdaya, motivasi dan pengetahuan.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectTriple Bottom Lineen_US
dc.subjectSustainable Marketingen_US
dc.subjectSustainable Solutionsen_US
dc.subjectNet Sustainableen_US
dc.subjectValueen_US
dc.subjectKey Driversen_US
dc.titleGreen Marketing Melalui Higher Net Sustainable Value Sebagai Sumber Keberlanjutan Kemajuan Proses Bisnis dan Kemakmuran Untuk Perusahaan Skala Kecil Menengah di Indonesiaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record