Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Pecahan dengan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) di SD Muhamamdiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran penjumlahan pecahan dengan metode Contextual Teaching and Learn- ing (CTL), dan motivasi belajar peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakarta dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Validasi data dilakukan dengan metode triangulasi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif, evaluatif, dan konklusif. Hasil penelitian ini, antara lain (1) penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran telah dilaksanakan rutin di setiap tahun ajaran baru, (2) proses pembelajaran matematika dalam materi menjumlahkan bilangan pecahan melalui tiga tahapan, yaitu tahapan prainstruksional (pendahuluan/ kegiatan awal), tahapan instruksional (kegiatan inti), dan tahapan penilaian, (3) pada saat proses belajar-mengajar, sebagian besar peserta didik mempunyai motivasi yang tinggi untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada karena metode yang digunakan oleh guru menyenangkan.