Show simple item record

dc.contributor.authorHidayati, Yulia Maftuhah
dc.date.accessioned2014-05-13T02:47:04Z
dc.date.available2014-05-13T02:47:04Z
dc.date.issued2012-02
dc.identifier.citationAndika. 2009.” Pembelajaran Kontekstual”. Mei 2009 jam 12.52. Depdi knas. 2007. Naskah Akademik Pendi di kan Ket erampil an. J akarta: Depdiknas. Kota Semarang Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.” Gita, I Nyoman. 2007. “Implementasi Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol.1, No.1. Hadi, Syaiful. 2008. “Pembelajaran Konsep Pecahan dengan Menggunakan Media Komik dengan St r at egi Ber mai n Per an pada Si s wa SD Kel as IV Semen Gresi k”. Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Haryani, Ning. 2006. “Manajemen Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar”. Tesis. UMS: Tidak diterbitkan. Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Purwoto. 2003. Strategi Pembelajaran Mengajar. Surakarta: UNS Press. Smith, Bettye P. 2006. “Contextual Teaching and Learning Practices in the Family and Consumer Sciences Curriculum”. Journal of Family and Consumer Sciences Education. Vol. 24, No. 1. Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Tim. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka Tonkes, E. J., Loch, B. and Stace, A.W..2005. “An Innovative Learning Model for Computation in First”. Journal of Mathematical Education in Science & Technology. v36 n7 p751 759.en_US
dc.identifier.issn1411- 5190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4437
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran penjumlahan pecahan dengan metode Contextual Teaching and Learn- ing (CTL), dan motivasi belajar peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakarta dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Validasi data dilakukan dengan metode triangulasi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif, evaluatif, dan konklusif. Hasil penelitian ini, antara lain (1) penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran telah dilaksanakan rutin di setiap tahun ajaran baru, (2) proses pembelajaran matematika dalam materi menjumlahkan bilangan pecahan melalui tiga tahapan, yaitu tahapan prainstruksional (pendahuluan/ kegiatan awal), tahapan instruksional (kegiatan inti), dan tahapan penilaian, (3) pada saat proses belajar-mengajar, sebagian besar peserta didik mempunyai motivasi yang tinggi untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada karena metode yang digunakan oleh guru menyenangkan.en_US
dc.publisherlppm umsen_US
dc.subjectCTLen_US
dc.subjectbilangan pecahanen_US
dc.titlePembelajaran Penjumlahan Bilangan Pecahan dengan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) di SD Muhamamdiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakartaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record