Volume 13 No. 1, Februari 2012
Browse by
Recent Submissions
-
Model Pembelajaran Sintaksis di Perguruan Tinggi di Jateng DIY
(lppm ums, 2012-02)Model pembelajaran Sintaksis di perguruan tinggi perlu diteliti karena selama ini belum penulis temukan penelitian mengenai pembelajaran sintaksis di perguruan tinggi. Penelitian mengenai model pembelajaran yang ada ... -
Konsep Mawas Diri Suryomentaram dengan Regulasi Emosi
(lppm ums, 2012-02)Studi multidisiplin sudah dilakukan untuk membahas tentang emosi. Penelitian tentang emosi difokuskan pada situasi, perilaku serta keyakinan yang mendasari timbulnya emosi, dan bukan pada emosi itu sendiri (Briggs dalam ... -
Pemerolehan Sintaksis Anak Usia Lima Tahun melalui Penceritaan Kembali Dongeng Nusantara
(lppm ums, 2012-02)Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: (1) pemerolehan sintaksis anak usia lima tahun saat menceritakan kembali dongeng nusantara yang didengar, (2) jenis kalimat yang kompleks yang diperoleh anak saat bercerita, (3) ... -
Ajaran Berumah Tangga dalam Serat Candrarini Karya Ranggawarsita (Tinjauan Sosiologi Sastra)
(lppm ums, 2013-02)Rumusan permasalahan penelitian ini meliputi struktur Serat Candrarini karya Ranggawarsita, ajaran Serat Candrarini tentang kehidupan wanita Jawa, dan relevansi ajaran-ajaran Serat Candrarini tentang berumah tangga bagi ... -
Pengembangan Perangkat dan Model Pembelajaran Berbasis Konstruktivis Mata Kuliah Statistika melalui Pendekatan Lesson Study
(lppm ums, 2013-02)Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat dan model pembelajaran berbasis konstruktivis untuk mata kuliah statistika matematika melalui pendekatan lesson study sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas ... -
Model Penyelesaian secara Alternatif dalam Peradilan Pidana (Studi Khusus terhadap Model Penyelesaian Perkara Pidana oleh Lembaga Kepolisian)
(lppm ums, 2013-02)Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bentuk-bentuk perkara pidana yang ditangani oleh Kepolisian; bagaimana Kepolisian menyelesaikan perkara pidana yang ada; dan bagaimana pandangan Kepolisian terhadap penyelesaian ... -
Revitalisasi Sekolah Luar Biasa (SLB) Pasca Implementasi Program Pendidikan Inklusi
(lppm ums, 2012-02)Pendidikan inklusif adalah layanan pendidikan yang mengikutsertakan ABK untuk belajar bersama dengan anak sebayanya di sekolah biasa. Sekolah Luar Biasa (SLB) diselenggarakan untuk melayani anak dalam usia sekolah yang ... -
Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Pecahan dengan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) di SD Muhamamdiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakarta
(lppm ums, 2012-02)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran penjumlahan pecahan dengan metode Contextual Teaching and Learn- ing (CTL), dan motivasi belajar peserta didik kelas IV SD ...