Peran Value Chain Pada Pedagang Grosir Dalam Hubungannya Strategy Pemasaran
Abstract
Pada usaha grosir erat kaitannya dengan kepuasan pelanggan. Banyak berbagai cara
untuk membuat pelanggan merasa puas dan penting sekali untuk grosir membuat mereka datang
kembali ke Toko grosir mereka. Pada usaha ini tingkat perputaran barang sangatlah cepat dan
membutuhkan perhatian penting untuk menjaga persediaan barang yang ada. Oleh karena itu
penentuan pemasok yang tepat sangatlah penting erat hubungannya dengan value chain yang ada
pada toko tersebut. Terdapat beberapa komponen yang menjadi perhatian penting dalam penelitian
ini. Komponen tersebut yaitu berupa service, harga, delivery order dan ketersediaan barang.
Berdasarkan hasil survey tersebut dapat diketahui persentase pada harga memegang peranan penting
pada tingkat penjualan Toko grosir. Sedangkan sedikit perubahan harga akan sangat mempengaruhi
terhadap penjualan barang. Sedangkan yang paling rendah adalah delivery order akan tetapi bukan
berarti komponen tersebut harus ditiadakan dari usaha grosir untuk menarik perhatian pelanggan.