• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Eksperimentasi Model Pembelajaran Project Based Learning dan Discovery Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Tingkat Kedisiplinan Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Delanggu Tahun Ajaran 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    448_460 RIZKY NUGRAH.pdf (3.394Mb)
    Date
    2015-03-07
    Author
    Handika, Rizky Nugrah
    Sumardi
    Kholid, Muhammad Noor
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh model pembelajaran Project Based Learningdan Discovery Learningterhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh tingkat kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi model pembelajaran dan tingkat kedisiplinan terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi pokok program linear. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X bidang keahlian kesehatan dan kelas X bidang studi keahlian bisnis manajemen SMK Muhammdiyah Delanggu Tahun Ajaran 2014/2015 yang seluruhnya berjumlah 112 siswa.. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa, dan kelas kontrol yang berjumlah 29 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random.Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode angket, dan metode tes.Data yang digunakan adalah data nilai UAS Semester Gasal sebagai data kemampuan awal, tes prestasibelajar matematika materi pokok program linear, dan angket tingkat kedisiplinan siswa. Uji coba instrumen meliputi validasi isi, konsistensi internal butir, dan reliabilitas. Uji keseimbangan data awal menggunakan uji t. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dengan metode Lilliefors, uji homogenitas dengan metode Bartllet.Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika , (2) terdapat pengaruh tingkat kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran (Project Based Learningdan Discovery Learning) dan tingkat kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar matematika pada materi pokok program linear.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5826
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV