Pengaruh Metode Pembelajaran Konstruktivisme terhadap Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Kalkulus 1 Ditinjau dari Minat Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode
pembelajaran konstruktivisme dan minat belajar terhadap hasil belajar pada
mata kuliah kalkulus 1. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa teknik informatika pada Fakultas Teknologi Informasi Universitas
Serang Raya. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain
penelitian ANAVA dua arah. Dari penelitian ini ditemukan bahwa: 1) terdapat
pengaruh metode belajar terhadap hasil belajar kalkulus 1, 2) terdapat
pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar kalkulus 1, 3) terdapat
pengaruh interaksi antara metode belajar dan minat belajar terhadap hasil
belajar kalkulus 1, 4) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil
belajar metode konstruktivisme dengan hasil belajar metode konvensional pada
mahasiswa yang memiliki minat belajar tinggi, 5)terdapat pengaruh yang
signifikan antara hasil belajar metode kontruktivisme dengan hasil belajar
metode konvensional pada mahasiswa yang memiliki minat belajar rendah, 6)
tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa
memiliki minat belajar tinggi dengan hasil belajar mahasiswa memiliki minat
belajar rendah dengan menggunakan metode konstruktivisme, 7) terdapat
pengaruh yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa memiliki minat
belajar tinggi dengan hasil belajar mahasiswa yang memiliki minat belajar
rendah dengan menggunakan metode belajar konvensional