Meningkatkan Ketercapaian Kompetensi Inti Kurikulum 2013 Melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII – B SMP N 2 Depok Sleman
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan ketercapaian kompetensi inti
Kurikulum 2013 siswa kelas VII – B di SMP Negeri 2 Depok, Sleman. Penelitian tindakan ini
mengacu pada langkah yang dikembangkan Kemmis & Mc Taggart. Desain penelitian tindakan kelas
tersebut dikelompokkan atas empat tahapan, yang meliputi : (a) Perencanaan, (b) pelaksanaan, (c)
pengamatan, dan (d) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 31 siswa kelas VII-B di SMP N 2
Depok Sleman. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran,
tes hasil belajar, dan angket sikap spiritual serta angket sikap sosial. Data penelitian ini dianalisis
menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang didukung dengan analisis data secara
kuantitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan ketercapaian kompetensi inti
Kurikulum 2013 ditinjau dari kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, maupun kompetensi
kognitif yang mencakup pengetahuan dan keterampilan siswa. Penerapan pembelajaran Contextual
Teaching and Learning (CTL) terhadap pembelajaran matematika secara umum dapat terlaksana
dengan kategori “Tinggi”. Terdapat peningkatan ketercapaian kompetensi dari sebelum melaksanakan
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), maupun antar siklus pembelajaran.