dc.contributor.author | Syafitri, Ely | |
dc.date.accessioned | 2015-05-13T02:29:45Z | |
dc.date.available | 2015-05-13T02:29:45Z | |
dc.date.issued | 2015-03-07 | |
dc.identifier.citation | [1] Azwar, S. (1996). Tes prestasi fungsi pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar. [2] Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 68 , Tahun 2013, tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. [3] Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 81A , Tahun 2013, tentang Implementasi Kurikulum, Pedoman Umum Pembelajaran. [4] McTaggart, R, (Ed). (1991). Action Research. Melbourne. Deakin Unyversity Press [5] OECD. (2012). Pisa 2012 Results In Focus: What 15-Year-Olds Know And What They Can Do With What They Know, http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012- results-overview.pdf. (Diakses 02 Juli 2014) [6] Polya, G. (1973). How to Solve It (a nem aspect of mathematical method). New Jersey : Princeton University Press [7] Suyitno, H. (2012). Nilai-nilai matematika dan pendidikan karakter. Prosiding SNMPM Universitas Sebelas Maret, 1-30. [8] Trianto. 2009. Mendesain Model pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta : Prenada Media [9] UNDP. (2013). Human Development Report 2013, http://www.id.undp.org/content/dam/indonesia/docs/HDR2013/HDR2013%20Report %20English.pdf. (Diakses 02 Juli 2014) | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978.602.361.002.0 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5959 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan ketercapaian kompetensi inti
Kurikulum 2013 siswa kelas VII – B di SMP Negeri 2 Depok, Sleman. Penelitian tindakan ini
mengacu pada langkah yang dikembangkan Kemmis & Mc Taggart. Desain penelitian tindakan kelas
tersebut dikelompokkan atas empat tahapan, yang meliputi : (a) Perencanaan, (b) pelaksanaan, (c)
pengamatan, dan (d) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 31 siswa kelas VII-B di SMP N 2
Depok Sleman. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran,
tes hasil belajar, dan angket sikap spiritual serta angket sikap sosial. Data penelitian ini dianalisis
menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang didukung dengan analisis data secara
kuantitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan ketercapaian kompetensi inti
Kurikulum 2013 ditinjau dari kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, maupun kompetensi
kognitif yang mencakup pengetahuan dan keterampilan siswa. Penerapan pembelajaran Contextual
Teaching and Learning (CTL) terhadap pembelajaran matematika secara umum dapat terlaksana
dengan kategori “Tinggi”. Terdapat peningkatan ketercapaian kompetensi dari sebelum melaksanakan
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), maupun antar siklus pembelajaran. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | PTK | in_ID |
dc.subject | Pembelajaran Kontekstual | in_ID |
dc.subject | Contextual Teaching and Learning | in_ID |
dc.subject | CTL | in_ID |
dc.subject | Kurikulum 2013 | in_ID |
dc.title | Meningkatkan Ketercapaian Kompetensi Inti Kurikulum 2013 Melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII – B SMP N 2 Depok Sleman | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |