Integrasi Kurikulum Cambridge dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama (Perpektif Pengembangan Prosedur )
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui cara mengintegrasikan
kurikulum Cambridge ke dalam kurikulum 2013 di mata pelajaran matematika
kelas 7 dan 2) hasil pembelajaran dari implementasi kurikulum terintegrasi.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dengan menggunakan teknik observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi
sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model
integrasi kurikulum yang dilakukan adalah dengan model connected dimana
setiap kompetensi di masing-masing kurikulum jika saling berisirisan maka
langsung digabungknan namun, jika tidak beririsan maka berdiri sendiri-sendiri
sesuai dengan kompetensi masing-masing kurikulum. Sedangkan untuk
organisasi kurikulumnya guru menyusun perangkat pembelajaran berupa RPP
dan worksheet sesuai dengan kurikulum terintegrasi yang sudah dihasilkan
sehingga pembelajaran yang dilaksanakan di kelas sudah tidak lagi parsial dalam
mengimplementasikan 2 kurikulum yang berbeda. Pembelajaran tersebut juga
berdampak pada hasil pembelajaran peserta didik yang lebih baik. Keberhasilan
tersebut tidak terlepas dari kerja keras semua pihak mulai dari kepala sekolah,
wakil kepala bagian kurikulum, guru dan peserta didik.