Show simple item record

dc.contributor.authorPurnomo, Moch.
dc.date.accessioned2015-05-18T06:40:54Z
dc.date.available2015-05-18T06:40:54Z
dc.date.issued2015-03-07
dc.identifier.citation[1] Alawiyah, F. 2014. Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Info Singkat Vol. VI, No. 15/I/P3DI/Agustus/2014. [2] Beane, J. A. 1997. Curriculum Integration : Designing the Core of Democratic Education. New York. Teachers College Press. [3] Depdiknas. (2007). Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. [4] Fogarty, R. 1991. A Ten Way Integrated Curricullum. Educational Leadership. [5] Grant, P., & Paige, K . (2007). Curriculum Integration: A T rial. Australian Journal of T eacher Education. Australian Journal of Teacher Education Vol 32, 4. [6] Green. (2010). Participating In The Hyperlinked Curriculum. New York. Nova Science Publishers Inc. [7] Guzey, dkk. (2010). Curriculum Development For Stem Integration: Bridge Design On The White Earth Reservation. New York. Nova Science Publishers Inc. [8] Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pembelajaran Matematika. Malang. UM Press. [9] Kurniasih, I. & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena. [10] Kysilka, M.L. 1998. Understanding Intgrated Curriculum. The Curriculum Journal Bol 9 No. 2. [11] Loepp, F. L. 1999. Models of Curriculum Integration. Ejournal JOTS [12] Marlina, M., E. (2013). Kurikulum 2013 yang Berkarakter. JUPIIS Volume 5 Nomor 2. [13] Mustafa. J. 2011. Proposing a Model for Integration of Social Issues In School Curriculum. International Journal of Academic Research Vol. 3. No. 1. January, 2011, Part III [14] Nurprasetyo, J.B. (2013). Pengembangan Kurikulum Tematik Berstandart Cambridge untuk Sekolah Dasar Kelas Rendah Universitas Pendidikan Indonesia. Thesis tidak dipublikasikan. Universitas Pendidikan Indonesia. [15] Oktaviani, dkk. (2013). Adaptasi kurikulum Cambridge IGCSE Coordinate Science Terhadap KTSP pada Pembelajaran Pokok Bahasan Sistem Koloid di RSBI. Jurnal dan Riset Pendidikan Kimia. Vol. 1, No. 1. [16] Todd, R.J. 2010. Curriculum Integration. Australia. Acer press. [17] Saputro, Suprihadi. (2012). Manajemen Kurikulum Sekolah Standar Internasional berbasis Integrasi Standar Nasional dan Cambridge International Primary Programme. Disertasi tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Malang. [18] Sariono. (2014). Kurikulum 2013: Kurikulum Generasi Emas. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya; Volume 3. [19] Tuminah. (2009). Penerapan Strategi Pembelajaran Student Team Achievement Division untuk Meningkatkan Pembelajaran di SD. Jurnal Lemlit. Vol. 3, No. 2in_ID
dc.identifier.isbn978.602.361.002.0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5984
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui cara mengintegrasikan kurikulum Cambridge ke dalam kurikulum 2013 di mata pelajaran matematika kelas 7 dan 2) hasil pembelajaran dari implementasi kurikulum terintegrasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model integrasi kurikulum yang dilakukan adalah dengan model connected dimana setiap kompetensi di masing-masing kurikulum jika saling berisirisan maka langsung digabungknan namun, jika tidak beririsan maka berdiri sendiri-sendiri sesuai dengan kompetensi masing-masing kurikulum. Sedangkan untuk organisasi kurikulumnya guru menyusun perangkat pembelajaran berupa RPP dan worksheet sesuai dengan kurikulum terintegrasi yang sudah dihasilkan sehingga pembelajaran yang dilaksanakan di kelas sudah tidak lagi parsial dalam mengimplementasikan 2 kurikulum yang berbeda. Pembelajaran tersebut juga berdampak pada hasil pembelajaran peserta didik yang lebih baik. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kerja keras semua pihak mulai dari kepala sekolah, wakil kepala bagian kurikulum, guru dan peserta didik.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectkurikulum Cambridgein_ID
dc.subjectkurikulum 2013in_ID
dc.subjectmatematikain_ID
dc.titleIntegrasi Kurikulum Cambridge dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama (Perpektif Pengembangan Prosedur )in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record